Share

Beasiswa Pelatihan Penyakit Ginjal khusus Dokter

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Rabu 30 Juli 2014 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 368 1017339 H2o0m0Ctvs.jpg International Society of Nephrology (ISN) memberikan beasiswa pelatihan tentang nefrologi untuk para dokter dari negara berkembang. (Foto: dok. ISN)
A A A

JAKARTA - International Society of Nephrology (ISN) memberikan beasiswa untuk para dokter dari negara berkembang. Program fellowship ini memberikan pelatihan nefrologi (fungsi dan penyakit ginjal) selama minimal dua bulan dan maksimal 12 bulan.

Melalui kerja sama dengan berbagai institusi medis, para penerima beasiswa akan belajar berbagai hal dasar dan klinis tentang nefrologi, dialisis, transplantasi dan epidemiologi. Pelatihan akan difokuskan pada pengembangan kemampuan dan pengetahuan spesifik yang dibutuhkan institusi asal fellows.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ada dua tipe fellowship, yakni jangka panjang (7-12 bulan) dan jangka pendek (2-6 bulan). Pelamar harus dinominasikan oleh mentor di institusi asal dan mendapat jaminan dipekerjakan kembali setelah masa pelatihan selesai. ISN mengharapkan peserta pelatihan kembali ke negara masing-masing maksimal tiga bulan setelah masa pelatihan.

Jika dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, maka Anda bisa melamar program pelatihan ISN Fellows.

- Apakah Anda berusia minimal 30 tahun?

- Apakah Anda tinggal dan bekerja di negara berkembang?

- Apakah Anda sudah menerima pelatihan dasar nefrologi di negara asal?

- Apakah Anda dinominasikan dan mendapat jaminan dipekerjakan kembali oleh mentor dan institusi asal setelah pelatihan selesai?

- Apakah Anda mendapat rekomendasi dari dua ahli nefrologi senior di negara asal?

- Apakah Anda didukung oleh komunitas nefrologi nasional di negara Anda? 

- Apakah Anda sudah mendapatkan mentor dan instusi tujuan yang setuju menerima Anda selama masa pelatihan?

- Apakah rencana pelatihan Anda merefleksikan kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan negara dan institusi asal Anda serta dapat Anda aplikasikan setelah kembali?

- Apakah Anda mampu memahami dan berkomunikasi dalam bahasa negara tujuan?

- Apakah Anda bersedia menjamin kepulangan Anda ke negara asal tiga bulan setelah masa pelatihan selesai?

Jika mendapatkan fellowship ini, Anda akan mendapatkan fasilitas pembiayaan pelatihan nefrologi di negara tujuan. Fasilitas ini juga termasuk dana transportasi, akomodasi dan tunjangan biaya hidup.

Seleksi akan dilakukan oleh komite fellowship berdasarkan kriteria akademik, bukti relevansi dan kebutuhan pelatihan oleh institusi asal, kesesuaian rencana pelatihan dan program yang dimiliki institusi penerima dengan kebutuhan pelamar, tujuan pelatihan serta metode observasi dan praktik lapangan. Penyeleksian juga akan dilakukan dengan melihat fellowship yang diberikan kepada kandidat dari negara yang sama selama tiga tahun terakhir serta keterlibatan institusional dalam ISN Sister Renal Center dan Clinical Research & Prevention Program.

Pendaftaran dilakukan secara pos, email atau faks. Setiap tahun, ada dua deadline, yakni pasa 15 Desember dan 15 Juni. Pelamar akan mendapatkan status tentang lamaran mereka sekira tiga bulan setelah deadline tersebut. Simak informasi lengkap di laman International Society of Nephrology.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini