Share

Sukses Kerja dengan Tips Ini

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Sabtu 26 Juli 2014 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 370 1017365 Ei1eq5gIJS.jpg Bekerja dan menapaki tangga karier tidak simpel. Kuatnya kompetisi kadang menyulitkan seseorang mencari cara menaikkan posisinya. (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - Persaingan di pasar tenaga kerja membuat seseorang harus menjadi kandidat berbeda dari ribuan orang lainnya. Ketika mendapatkan pekerjaan yang diincar, perjuangan tersebut belum berakhir.

Namun, bekerja dan menapaki tangga karier tidak lagi sesimpel dulu. Kuatnya kompetisi kadang menyulitkan seseorang mencari cara menaikkan posisinya. US News, Sabtu (26/7/2014) melansir beberapa kiat yang bisa Anda praktikkan untuk mencapai kemajuan dalam karier.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Networking online

Gunakan media sosial seperti Facebook dan LinkedIn untuk berhubungan dengan orang-orang di bidang Anda. Sebelumnya, pastikan aspek tidak profesional tentang kehidupan pribadi bersih dari profil Anda. Mulailah percakapan menarik tentang bidang yang Anda minati, jangan hanya berbicara tentang diri sendiri dan pencapaian Anda.

Networking tatap muka

Anda pemalu? Jangan menyerah dengan networking. Paksakan diri Anda terlibat dalam ajang-ajang networking, dan kemampuan bersosialisasi Anda akan meningkat. Kemampuan mendengar dalam networking adalah suatu aset, jadi manfaatkanlah.

Posting dengan bijak

Jika Anda memiliki blog personal, menulislah dengan hati-hati. Aturan utama: jangan pernah menulis tentang pekerjaan. Jangan juga menggunakan waktu kerja untuk mengurusi blog Anda. Pertimbangkan untuk melengkapi blog Anda dengan kata kunci sehingga hanya orang-orang tertentu yang dapat melihatnya.

Perilaku baik

Ketika Anda frustrasi dengan atasan dan rekan kerja, lihatlah sendiri ke dalam diri Anda. Mengubah perilaku Anda sendiri dapat menghentikan sikap sangat mengontrol si bos. Atau, menunjukkan sedikit apresiasi dapat melembutkan hati rekan kerja. Anda bisa berbagi kredit ketika sebuah proyek berjalan lancar, tetapi jangan menghindari kesalahan jika proyek terebut gagal.

Naiki tangga

Sebelum meminta kenaikan gaji, mintalah kerja tambahan meskipun orang lain tidak melakukannya. Ini menunjukkan bahwa Anda dapat menangani tanggung jawab yang lebih besar. Kemudian, tunjukkan kinerja terbaik Anda, dan lampaui target.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini