Share

Ini Alasan Anda tidak Dapat Pekerjaan

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Minggu 27 Juli 2014 08:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 370 1017367 XKWs7IMo8b.jpg Banyak faktor eksternal yang tidak berhubungan dengan Anda menjadi penghalang dalam kesempatan Anda meraih suatu pekerjaan. (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Resume Anda tidak cukup mengesankan untuk membuat Anda mendapatkan kesempatan interview kerja. Atau, Anda telah menjalani berbagai interview, bertemu orang-orang yang akan menjadi atasan dan rekan kerja serta memutuskan Anda akan suka bekerja di suatu perusahaan. Tetapi, nyatanya perusahaan tersebut tidak menawari Anda pekerjaan yang Anda incar.

Dalam banyak kasus, banyak faktor eksternal yang tidak berhubungan dengan Anda menjadi penghalang dalam kesempatan Anda meraih suatu pekerjaan. Bisa jadi penolakan tersebut juga hanya sementara.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Huffington Post, Minggu (27/7/2014) melansir lima penyebab yang tidak dapat Anda kontrol sehingga Anda tidak mendapat pekerjaan idaman.

1. Perusahaan merekrut karyawan dari dalam

Skema ini dikenal sebagai "rekrutmen internal". Berkompetisi dengan pegawai saat ini sangatlah berat. Apalagi, bagi para manajer, risiko mempekerjakan karyawan yang sudah lama mengabdi di perusahaan lebih kecil. 

Sebab, para manajer ini tahu betul bagaimana pribadi dan profesionalitas pekerja mereka. Selain itu, mereka juga dapat memenuhi kebutuhan orang lebih cepat ketimbang merekrut orang dari luar perusahaan. Faktor lainnya, rekrutmen internal memberi kesempatan karyawan  naik tingkat atau mendapatkan perubahan dalam pekerjaannya.

2. Orang lain memiliki jaringan yang lebih baik

Kandidat yang direferensikan oleh karyawan suatu perusahaan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan ketimbang mereka yang tidak memiliki koneksi dari dalam. Hal ini terjadi karena perusahaan melihat kandidat tersebut memiliki risiko lebih kecil bila dibandingkan dengan kandidat lain.

3. Tidak "klik"

Faktor misterius ini juga sangat penting dalam menentukan siapa yang akan mendapatkan suatu pekerjaan. Faktor ini terkadang diterjemahkan dengan seberapa besar Anda disukai pewawancara. Dalam beberapa kasus, seorang kandidat mungkin dilihat tidak akan cocok bekerja di perusahaan tersebut.

4. Masalah keuangan perusahaan

Masalah dana, seperti kerugian perusahaan, terkadang membuat perusahaan merevisi atau membatalkan lowongan pekerjaan yang mereka buka.

5. Masalah organisasi perusahaan

Perusahaan yang sedang menyusun ulang organisasinya bisa jadi tidak akan menambah karyawan sampai struktur organisasi mereka rapi.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini