Share

Jangan Lakukan Ini Saat Wawancara Kerja

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Kamis 31 Juli 2014 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 370 1017386 PAcr1hjCzg.jpg Banyak lulusan baru gagal dalam sesi wawancara kerja karena melakukan kesalahan yang tidak mereka sadari. (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Wawancara masih menjadi tahapan menentukan dalam sebuah proses mencari kerja. Sayangnya, banyak kandidat, terutama para lulusan baru, gagal dalam sesi penting ini karena melakukan kesalahan yang tidak mereka sadari.

Karena itu, ambil sedikit waktu untuk bersiap-siap sebelum wawancara kerja sehingga Anda bisa menjalaninya dengan bebas kesalahan. Daftar kesalahan umum saat wawancara kerja seperti dilansir About.com, Kamis (31/7/2014) dapat menjadi referensi Anda.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berpakaian tidak pantas

Sangat penting untuk terlihat profesional dan pantas dalam sebuah wawancara kerja. Selain tampak profesional, Anda bisa menyesuaikan pakaian yang dikenakan saat wawancara dengan bidang kerja yang Anda lamar.

Terlambat

Kesan pertama Anda muncul bahkan sebelum Anda memasuki ruang wawancara, tepatnya ketika Anda tiba di perusahaan yang memanggil Anda. Terlambat tidak hanya menunjukkan buruknya manajemen waktu, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda tidak menaruh hormat pada perusahaan, posisi yang Anda lamar hingga pewawancara Anda.

Usahakan datang 15 menit sebelum sesi wawancara Anda dimulai. Dengan begitu Anda bisa memiliki sedikit waktu luang untuk bersiap menghadapi wawancara.

Membawa minuman

Jika Anda perlu minum kopi, teh atau minuman lain, lakukan itu sebelum Anda memasuki tempat wawancara. Membawa minuman tidak hanya menunjukkan ketidakprofesionalan, tetapi juga menjadi pengalih perhatian Anda selama wawancara berlangsung. Padahal Anda harus fokus memberikan kesan terbaik, menjawab pertanyaan, membuat kontak mata dan menaruh perhatian pada keseluruhan proses wawancara. Selain itu, membawa minuman juga berisiko Anda akan menumpahkannya ke diri sendiri, pewawancara atau meja mereka.

Menggunakan telepon

Sebelum masuk ke ruangan wawancara, matikan atau pasang profil diam pada telepon seluler Anda dan simpan dalam tas. Kemudian, jangan menggunakan handphone Anda selama wawancara berlangsung. Sibuk berkirim pesan  selama menjalani wawancara tidak hanya mengganggu dan tidak sopan, tetapi sikap ini juga menunjukkan bahwa mendapatkan pekerjaan yang sedang Anda lamar bukanlah suatu prioritas. 

Data resume tidak jelas

Meskipun Anda telah memasukkan resume bersama berkas lamaran, Anda mungkin masih akan diminta mengisi formulir lamaran kerja dari perusahaan. Pastikan Anda mengetahui informasi yang harus Anda isikan dalam formulir itu, termasuk tanggal-tanggal penting dalam pendidikan dan pengalaman kerja Anda sebelumnya.

Selain itu, jangan berbohong dalam resume Anda. Semakin jujur, maka akan semakin mudah mendiskusikan resume Anda dengan pewawancara.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini