Share

16 Mahasiswa IPB Belajar Nyelam di Pulau Pramuka

Margaret Puspitarini , Okezone · Kamis 24 Juli 2014 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 373 1017519 ZnUvKkyind.jpg Sebanyak 16 mahasiswa IPB mengikuti kuliah penyelaman di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Menyelam adalah kemampuan penting yang harus mereka kuasai. (Foto: dok. IPB)
A A A

JAKARTA - Sebanyak 16 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menjajal kemampuan selam mereka di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Bukan sedang berlibur, melainkan sebagai bagian dari mata kuliah Selam Ilmiah pada Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK).

Menyelam adalah olahraga yang kini sedang berkembang baik di Indonesia. Hal ini didukung oleh wisata bahari di nusantara yang begitu banyak dan menawarkan alam bawah air yang menakjubkan. Sehingga banyak wisatawan lokal menjadikan olahraga menyelam sebagai gaya hidup.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebagai mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan yang berkecimpung dalam keilmuan laut, menyelam menjadi wajib untuk dipelajari. Bukan untuk sekadar menikmati keindahan alam bawah air, namun juga mempelajarinya.

Dari pelatihan ini tampak kemajuan kemampuan mahasiswa dalam menyelam, terutama pengendalian tubuh di bawah air. Tenang adalah kata kunci untuk mempercepat kemampuan menyelam dengan baik.

"Menyelam memberikan pengalaman baru bagi saya, terutama keindahan bawah lautnya.  Sehingga saya ingin menyelam lagi, lagi dan lagi," ujar salah seorang mahasiswa, yakni Neneng, seperti dikutip dari situs IPB, Kamis (24/7/2014).

Melalui mata kuliah Selam Ilmiah, mahasiswa diajarkan dasar-dasar penyelaman di kolam renang. Untuk menunjang kemampuan mahasiswa dalam menyelam di perairan terbuka, Marine Science and Technology Diving School (MSTDS) membuka pelatihan jenjang Open Water Diver.

Pelatihan yang berafiliasi dengan Scuba School International ini memiliki tiga rangkaian; academic session, pool session, dan open water session. Dalam academic session, pemberi materi secara teorits mengenai penyelaman. Hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan mahasiswa tentang fisika penyelaman, kesehatan penyelaman hingga pengenalan biota berbahaya.

Sementara pada pool session, mahasiswa diberikan dasar-dasar penyelaman yang dilakukan di kolam renang. Kemudian, open water session adalah pelatihan penyelaman di perairan terbuka. Dalam pelatihan perairan terbuka tersebut, seluruh peserta merasakan penyelaman hingga delapan kali.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini