Share

Tips Rumah Aman Selama Mudik

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Jum'at 25 Juli 2014 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 472 1017565 FdFClPuWNN.jpg Tips Rumah Aman Selama Mudik (Foto : Okezone)
A A A

JAKARTA - Tak terasa Lebaran tinggal menghitung hari. Menjelang Lebaran, kebanyakan masyarakat Indonesia melakukan tradisi mudik ke kampung halaman. Berlebaran di kampung halaman memang lebih terasa euforianya dibanding di kota besar.

Meninggalkan rumah berhari-hari selama mudik tentu harus dengan kewaspadaan. Jika tidak, bisa-bisa rumah Anda menjadi terancam bahaya kebakaran atau kemalingan. Bagaimana kah tips aman meninggalkan rumah selama mudik? Berikut penjelasannya yang dikutip dari Independent Traveler, Jumat (25/7/2014).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Minta teman atau tetangga untuk menengok rumah Anda

Agar mudik menjadi lebih tenang, mintalah bantuan pada tetangga atau teman Anda yang tidak mudik untuk sekali-sekali menengok rumah Anda. Karena, rumah yang ditinggal kosong penghuninya akan menjadi incaran para penjahat.

Jangan umumkan di media sosial kalau rumah Anda kosong

Terkadang, karena keasyikan menggunakan media sosial, Anda dengan bangganya membuat status mudik bersama keluarga dan rumah Anda kosong. Jangan sekali-sekali melakukan hal ini, karena kita tidak mengenal dengan pasti siapa teman kita di media sosial.

Tutup semua tirai

Sebelum berangkat mudik, pastikan Anda sudah menutup semua tirai di rumah. Ini berfungsi agar mencegah orang mengintip ke dalam rumah Anda. Pindahkan barang-barang atau furnitur mahal Anda yang mudah terlihat dari jendela ke tempat yang lebih aman.

Pasang saklar lampu otomatis

Menghidupkan lampu sepanjang hari tentu bukanlah perilaku yang ramah lingkungan. Lampu di rumah memang perlu dinyalakan agar rumah Anda tidak mengundang maling. Belilah saklar lampu yang bisa dihidup matikan secara otomatis. Dengan begitu, selain aman, dan juga menghemat tagihan listrik Anda.

Cabut semua saklar

Cabut semua saklar eletronik yang ada di rumah. Mulai dari televisi, komputer, oven, ac, hingga kulas. Dengan mencabut semua peralatan listrik tentu akan mengurangi resiko kebakaran dan tagihan listrik yang membengkak.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini