Share

Botol Susu Penyebab Gigi Anak Tidak Rata

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Kamis 31 Juli 2014 18:07 WIB
$detail['images_title']
Botol susu penyebab gigi anak tidak rata, (Foto: Telegraph)

PADA anak-anak, masalah gigi biasanya timbul flek hitam atau gigi tidak rata. Sebenarnya, apa penyebab dari kondisi itu?

Menurut Prof Dr drg Melanie S. Djamil, Mbiomed FICD Lab Biocare, dari Fakultas Kedokteran Gigi Usakti, kebiasaan minum botol dalam jangka waktu lama atau nursing bottle syndrome menjadi penyebab utamanya. Kondisi tersebut sebenarnya tidak memberi efek pada tubuh, tetapi bisa merusak gigi yang ingin tumbuh sempurna.  

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Begitu gigi mau tumbuh, gigi bagian atas terkelupas karena tekanan dot dalam botol susu. Makanya, gigi anak jadi tidak rata atau bergerigi pada bagian tengahnya," katanya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

 

Sindrom botol susu, imbuh drg Melanie, tidak hanya membuat gusi bermasalah. Kondisi ini juga bisa menjadikan giginya tonggos.

 

"Saat anak minum susu dengan botol, bahkan saat ia tidur, dot botol susu akan menekan gigi susunya maju ke depan. Lama-kelamaan strukturnya bisa berubah, hingga membuat gigi anak jadi tonggos," tutupnya. (Baca: Ini Akibatnya jika Perawatan Gigi Susu Diabaikan)

(fik)