Share

Ini Akibat Buruk Tidak Doyan Makan Sayur

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 31 Juli 2014 02:07 WIB
$detail['images_title']
Stroberi penangkal kanker saluran cerna (Foto: Elsoar)

JANGAN pernah menganggap remeh gangguan pencernaan yang Anda alami. Gangguan pencernaan bisa saja meningkatkan risiko kanker usus.

Selain itu, kanker usus juga bisa dialami oleh siapa saja, tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Lalu, apa penyebab dari kanker usus?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Dr Henry Naland,Sp.B (K) Onk dari RS Omni Pulomas Jakarta, faktor turunan memang menjadi salah satu penyebab kanker usus, namun lebih dominan lantaran faktor makanan. (Baca: Konsumsi 200 Gram Buah & Sayur per Hari Turunkan Risiko Stroke)

"Faktor turunan bisa menjadi penyebab, tetapi justru faktor makanan lah yang paling banyak terjadi," katanya kepada Okezone di RS Omni Pulomas, Jakarta Timur, belum lama ini.

Lebih lanjut, Dr Henry mengatakan bahwa salah satu faktor penyebab kanker usus dari makanan adalah kebiasaan tidak suka makan sayur. Menurutnya, akibat seseorang tidak suka makan sayur adalah tubuhnya menjadi kekurangan serat, padahal sangat penting.

"Serat penting untuk mengeluarkan kotoran residu dalam bentuk tinja. Kalau kotoran dikeluarkan lebih lama, maka akan ada zat-zat atau racun yang diserap kembali yang menyebabkan kelainan di sel, dan itu bisa menjadi awal dari kanker," tutupnya.  

(fik)