Share

Sosis Orak Arik, Menu Buka Puasa Murah tapi Enak

Johan Sompotan, Okezone · Kamis 24 Juli 2014 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 488 1017555 xvWQfDo7LV.jpg Sosis orak arik (Foto:royco)
A A A
BERPUASA tinggal menghitung hari, untuk merasakan kelezatan mendekati akhir berpuasa ada baiknya menyantap kuliner lezat. Salah satunya Sosis telur orak arik.

Menyantap makanan enak memang kerap dilakukan banyak orang dalam berpuasa, pilihan ini memang jadi daya tarik bagi mereka yang berpuasa sebab makanan yang disantap adalah sifatnya mengenyangkan.

"Berpuasa kan menahan makan lebih dari lima jam, jadinya butuh asupan yang enak demi memuaskan rasa lapar," jelas Sisca Soewitomo, Praktisi Kuliner Indonesia kepada Okezone di Jakarta, baru-baru ini.

Menikmati makanan saat berpuasa tak usah mencari makanan dengan harga mahal, sebab sifatnya akan bikin kantong jadi boros. Anda bisa membuat makanan di rumah, selain lebih murah soal kebersihan pun tetap terjaga.

"Buka puasa paling enak di rumah, mau makan tinggal bikin dan tak perlu repot lagi. Bahkan, buka puasa di rumah pun Anda terhindari dari keborosan khususnya soal budjet," bebernya lagi.

Nah, untuk menikmati makanan berbuka puasa maka ada baiknya membuat sosis orak arik. Pilihan makanan ini pun bisa dibuat dalam waktu tak lebih dari 30 menit. Masaknya pun mudah. Bagi Sisca masakan ini semua bahan mudah didapatkan di supermarket maupun pasar tradisional.

Langkah pertama buang plastik yang menempel di kulit sosis lalu potong dan bentuklah sosis sesuai selera, jika tak suka ukuran besar maka Anda bisa memotong tipis-tipis. Kemudian, siapkan bawang putih, bawang merah serta bawang bombay. Potong serta cincang bahan tersebut.

Berikutnya, siapkan telur. Biar ukuran telur orak-arik lebih besar maka kocoklah telur layaknya membuat telur dadar. Bila sudah, jangan lupa cincang daun bawang.

Panaskan minyak serta diberi margarine sedikit saja. Fungsinya, adalah supaya memperkaya aroma dari masakan yang akan dibuat. Kemudian tumis, bawang putih serta bawang bombay dan bawang merah hingga harum.

Lalu, bila sudah masukkan telur dadar kemudian hancurkan telurnya hingga membentuk telur orak-arik. Kecilkan api bila sudah matang, masukkan irisan sosis, aduk merata.

"Jika Anda suka, bisa menambahkan cincangan wortel maupun bakso di dalamnya, masaklah sesuai selera saja," paparnya.

Sebelum matang, maka masukkan daun bawang, berikan garam, sedikit pemanis dari kecap. Masak hingga semua bahan matang dengan sempurna.

"Penaruhan daun bawang di akhir akan semakin memperkaya aroma dari sosis orak arik. Otomatis, ketika dimakan sensasi wangi dari bumbu rempah terasa di mulut," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(jjs.-)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini