Share

Toyota dan Suzuki Tak Terganggu Jembatan Comal

Arief Aszhari, Okezone · Kamis 24 Juli 2014 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 52 1017556 qHcfIMm3Dr.jpg F: Petugas Kepolisian mengalihkan arus lalu lintas di Simpang Plawangan, Kecamatan/Kabupten Pemalang, Jawa Tengah (Risna Nur Rahayu / Okezone)

JAKARTA - Amblesnya jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, ternyata tidak menghambat pengiriman mobil ke beberapa wilayah di pulau Jawa. Hal itu dirasakan dua pabrikan besar di pasar nasional yakni Toyota dan Suzuki.

Seperti diketahui, jembatan yang menghubungkan Pemalang dengan Pekalongan ini ambles pada Kamis (17 Juli 2014). Akibatnya lalu lintas dari dan menuju Jakarta lumpuh total.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Sejauh ini tidak terganggu. Kalau kita lihat, pengiriman ke diler-diler di luar Jawa Barat sejauh ini masih aman. Penjualan juga tidak terganggu," kata 4W Marketing Brand Development Section Head PT SIS, Makmur di sela-sela pelepasan program "Ayo Pulang Kampung Bersama APV" di Gedung MNC Financial, Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Makmur menuturkan, proses pengiriman mobil ke diler-diler terbagi dalam dua cara. "Bagian Jawa sampai ke Jawa Tengah lewat darat. Tapi kalau sampai ke Bali ada dua alternatif. Pertama pakai jalur sampai ke Surabaya lewat laut atau darat, baru di gendong lagi lewat darat." ujarnya.

Sementara itu, Rahmat Samulo, Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan distribusi mobil ke wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali tidak terganggu lantaran Toyota telah membuat jalur alternatif.

"Untuk distribusi kita menggunakan jalur alternatif, yaitu melalui jalur selatan. Selain itu, proses distribusi kita juga mengikuti pemerintah, jadi mendekati arus mudik sudah tidak ada proses distribusi," ujar Direktur Marketing TAM, Rahmat Samulo, saat pembukaan posko siaga di Rest Are 57, Cikampek, Jawa Barat.

Lebih lanjut Rahmat mengatakan, dengan menggunakan jalur alternatif memang waktu pengiriman semakin lama. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah, yang terpenting distribusi ke konsumen tidak masalah.

"Intinya dari distribusi ke konsumen sudah aman, dan tidak ada masalah. Tidak ada kerugian juga dengan amblasnya jembatan Comal, kita juga tidak mendapatkan informasi mengenai ketersendatan distribusi," pungkas Rahmat.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini