Share

Pemudik di Pelabuhan Tanjung Perak Melonjak Capai 60 Ribu

Nurul Arifin, Okezone · Kamis 24 Juli 2014 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 550 1017552 A2sLDPdhjI.jpg Pemudik dengan Kapal Laut (Foto: Dok Okezone)

SURABAYA - Lebaran tahun ini diperkirakan penumpang kapal mencapai 60 ribu orang. Jumlah tersebut meningkat 5 persen dibanding 2013 yang jumlahnya mencapai 59.330 penumpang.

Kepala Humas PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak Dhany Rahmat Agustian mengatakan, kali ini memang banyak pemudik yang cenderung beralih ke pesawat udara. Meski demikian, Kapal Laut tetap memiliki pelanggan sendiri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kapal laut memiliki pelanggan, mereka memiliki karakteristik sendiri. Salah satunya adalah dengan kapal para pemudik bisa membawa barang-barang lebih banyak dibanding moda transportasi lainnya," kata Dhany, Kamis (24/7/2014).

Selama musim mudik dan balik lebaran ini, Pelabuhan Tanjung Perak terdapat 7-9 Unit kapal yang bersandar. Kapal-kapal itu mengangkut dan menurun kan dari Banjarmasin, Sampit, Kumai, Makassar, dan sejumlah daerah lainnya.

Untuk keperluan mudik, pemerintah juga menyiapkan 250 unit bus gratis untuk mengangkut pemudik ke terminal Purabaya Bungurasih.

"Layanan bus gratis ini mulai hari ini hingga tanggal 25 Juli, waktu layanannya bisa diperpanjang tergantung arus pemudik," tambahnya.

Terpisah, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan, pemprov Jatim bekerja sama untuk menggelar mudik gratis dengan PT Jasa Raharja. Setidaknya, sudah ada 2.035 pemudik yang sudah berangkat ke Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Barat.

Diperkirakan, tahun ini, jumlah pemudik dari Jatim sebanyak 7,1 juta. Jumlah ini lebih meningkat dibandingkan tahun lalu hanya 6,9 juta pemudik. Dengan adanya mudik gratis diharapkan dapat mengurangi jumlah kecelakaan lalulintas, mengurangi risiko beban jalan dan kemacetan, serta lebih praktis.

“Dengan adanya mudik gratis ini, beban jalan sungguh sangat terkurangi. Selain itu bisa mengurangi jumlah kecelakaan, kemacetan, dan lebih praktis,” tukasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini