Share
Advertisement

Peneliti: Struktur Tanah di Mars Mirip Bumi

Advent Jose , Jurnalis-Minggu 27 Juli 2014 13:04 WIB
Ilustrasi planet Mars (Foto : Softpedia)
Ilustrasi planet Mars (Foto : Softpedia)
A
A
A
OREGON - Peneliti dari University of Oregon, Gregory Retallack, mengklaim telah menemukan bukti baru tentang Mars. Dia mengatakan bahwa jutaan tahun lalu, Mars mungkin mengakomodasi kehidupan makhluk sejenis mikroba.
 
Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal online Geologi awal pekan ini ilmuwan menjelaskan beberapa foto dari kawah Gale yang diambil oleh NASA melalui Curiosity.
 
Gregory tertarik pada tanah yang terletak di bawah kawah berumur 3,7 miliar tahun lalu. Peneliti itu berpendapat bahwa tanah ini mirip dengan yang ada di Bumi.
 
Tanah itu memiliki permukaan yang retak dilapisi dengan sulfat. Kemudian juga memiliki cekungan elips dengan konsentrasi sulfatnya, membuat tanah kawah Gale itu mirip dengan yang ada di daerah di Chili Atacama dan lembah kering Antartika.

“Ekspolarasi Mars kali ini mendapatkan penemuan yang tak terduga,” kata ahli Geologi itu berpendapat seperti dikutip Softpedia, Minggu (27/7/2014).

Berdasarkan temuan ini, Gregory mengatakan planet Mars pernah menjadi lingkungan  yang hangat dan basah. Oleh karena itu bisa jadi dalam sejarahnya, di beberapa titik daerah di planet itu mampu menampung kehidupan mikroba.

“Data terbaru menunjukan tren pelapukan kimiawi yanh terjadi dan kondisi tanah yang mirip dengan Bumi dapat dikaitkan dengan aktifitas mikroba di Bumi,” jelas Gregory
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement