Share
Advertisement

Obat Ini Sebabkan Otak Alami Penyusutan

Advent Jose , Jurnalis-Senin 28 Juli 2014 13:01 WIB
Ilustrasi otak manusia (Foto : Softpedia)
Ilustrasi otak manusia (Foto : Softpedia)
A
A
A
LONDON – Baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan temuan dari jurnal ilmiah PLOS ONE. Isinya, terdapat bukti yang menunjukkan obat antipsikotik dapat mempengaruhi bentuk dan ukuran otak manusia.
 
Para peneliti di Finlandia dan Inggris mengatakan, berdasarkan penyelidikan sebelumnya, otak manusia memiliki kecenderungan alami untuk mengalami penurunan volume secara keseluruhan setiap tahun. Hal ini disebabkan karena hilangnya sel-sel otak.
 
Namun, dalam beberapa kasus tertentu yang dialami oleh individu, obat antipsikotik ikut berperan dalam penyusutan ini. Penurunan volume otak terjadi lebih cepat, yakni 0,7 persen per tahun dibandingkan menyusut secara alami yakni 0,5 persen per tahun.
 
Temuan ini diambil berdasarkan data yang diperoleh dari catatan medis kepada 33 orang yang didiagnosis mengidap Skizofrenia. Orang-orang tersebut dimonitor dalam periode 9 tahun, yakni antara usia 34 hingga 43 tahun.
 
"Kita semua akan kehilangan beberapa jaringan otak seiring bertambahnya usia, tetapi orang-orang yang mengidap skizofrenia mengalaminya lebih cepat,” kata Profesor Juha Veijola dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Softpedia, Senin (28/7/2014).
 
Dia juga mengatakan, mereka telah menunjukkan kerugian ini tampaknya terkait dengan obat antipsikotik yang dikonsumsi para penderita skizofrenia itu.


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement