Share

BI: Amblesnya Jembatan Comal Tak Pengaruhi Inflasi

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Jum'at 25 Juli 2014 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 20 1018108 sTkntbGZFj.jpg BI: Amblesnya Jembatan Comal Tak Pengaruhi Inflasi (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - Arus lalu lintas di jalur Pantura bagian barat Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang sempat lumpuh karena amblesnya jembatan comal sempat menghambat proses distribusi barang dari daerah Jawa Tengah ke Jakarta. Amblesnya jembatan comal yang sempat menghambat kegiatan ekonomi pulau Jawa dinilai tidak memberi pengaruh pada inflasi.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara mengungkapkan, hal itu tidak terlalu berpengaruh pada inflasi. "Ya mungkin secara langsung sih enggak ya, karena kan juga sudah diperbaiki. Kalau sampai pantauan kami, sampai Minggu ke tiga sih inflasinya masih sekitar 0,75 persen," kata dia di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung (MA) Jakarta, Jumat (25/7/2014).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pihaknya memprediksi akan ada kenaikan inflasi di minggu ke-4 bulan Juli. Namun dia berharap masih akan berada di bawah satu persen. "Biasanya mungkin harga agak naik, tapi secara umum, masih mudah-mudahan di bulan Juli ini, yaitu bulan di mana bulan puasa, mudah-mudahan bisa dibawah 1 persen month on month(mom) nya. Mungkin 0,8 persen lebih sedikit," lanjut dia.

Meskipun begitu, ia masih menilai inflasi tahun ini year on year (yoy) akan turun ke angka 4,5 persen. Hal ini karena ada faktor base effect, selain itu dipengaruhi juga kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada tahun lalu.

"Tapi kita mudah-mudahan sih, akhir tahun termasuk kenaikan harga tarif listrik ini. Ya mudah-mudahan antara 5 persen sampai 5,3 persenlah akhir tahun," pungkas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini