Share

Menhub: Bandara Ngurah Rai Siap Diserbu Pemudik

Hendra Kusuma , Okezone · Jum'at 25 Juli 2014 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 320 1018089 6fHjeAEnz6.jpg Menhub: Bandara Ngurah Rai Siap Diserbu Pemudik (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - Beberapa pejabat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yaitu Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Plt Dirjen Perhubungan Udara Santoso Eddy Wibowo, dan sejumlah pejabat di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengadakan kunjungan kerja untuk meninjau kesiapan Angkutan Udara Lebaran Tahun 2014 atau 1435 H.

Dalam kunjungan sehari tersebut Wamenhub dan Plt. Dirjen Perhubungan Udara selain meninjau kesiapan terminal penumpang di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali juga diadakan ramp check yang meliputi pemeriksaan pesawat dan pemeriksaan urine terhadap crew pesawat di 8 maskapai penerbangan nasional.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Jakarta, Jumat (25/7/2014). Ramp check dilakukan pada 23 Juli 2014, terhadap 14 pesawat di 8 maskapai penerbangan antara lain Garuda Indonesia (2 pesawat B737-NG, CRJ 1000 NG), Lion Air (2 pesawat B737-NG), Citilink (2 pesawat A320), Indonesia Air Asia (2 pesawat A320), Sriwijaya Air (2 pesawat B737-500), NAM Air (1 pesawat B737-500), Wings Air (2 pesawat ATR 72-600), dan Transnusa (1 pesawat Fokker 50). Sedangkan untuk tes urine crew pesawat, dilakukan dengan mengambil 40 sample urine crew pesawat.

Dari ramp check diperoleh hasil bahwa pesawat yang beroperasi saat ini sebagian besar sudah layak terbang karena merupakan pesawat baru yang saat ini telah terlihat peningkatan pemenuhan terhadap ketentuan keselamatan penerbangan, baik dari sisi kelaik udaraan, ground handling, maupun kesadaran personil penerbangan khususnya crew pesawat.

Hal ini terlihat dari tidak ditemukannya personil penerbangan yang terpengaruh obat-obatan terlarang dan tidak adanya temuan pemeriksaan pesawat yang berpengaruh langsung terhadap keselamatan penerbangan.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menyampaikan bahwa Bandar Udara Internasional Ngurah Rai telah siap menghadapi peningkatan jumlah penumpang pada masa Angkutan Udara Lebaran Tahun 2014 / 1435 H.

"Seluruh fasilitas pokok dan penunjang keamanan dan keselamatan penerbangan dinyatakan dalam kondisi baik," kata dia.

Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV bersama PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, TNI - AU, Kepolisian, dan beberapa instansi terkait lainnya selama 16 hari pelaksanaan Angkutan Lebaran Tahun 2014/1435 H melakukan koordinasi secara terus menerus dan mendirikan Posko Angkutan Lebaran yang beroperasi selama 24 jam di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai. Hal ini dilakukan demi meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa angkutan udara terutama di masa peak seasons saat ini.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini