Share

Tol Cijago Sumbang PBB Hingga Rp3 Miliar

Marieska Harya Virdhani , Okezone · Sabtu 26 Juli 2014 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 320 1018292 GBx1srpXtd.jpg Tol Cijago Sumbang PBB Hingga Rp3 Miliar (Ilustrasi: Okezone)
A A A

DEPOK - Setelah rampung dan beroperasi, tol Cinere - Jagorawi (Cijago) kini tengah melanjutkan pembangunan tol Cijago seksi II. Kepala Bidang Pendapatan II Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset (DPPKA) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, potensi perolehan pajak bumi bangunan (PBB) terbesar di Kota Depok diperoleh dari pajak PBB jalan tol, baik jalan tol Jagorawi maupun tol dalam kota.

"Nilai PBB dari jalan tol bisa mencapai Rp 3 miliar," ujar Supian di Depok.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, lanjutnya, potensi PBB terbesar lainnya yaitu dari perusahaan-perusahaan yang ada di Depok. Di antaranya pabrik-pabrik yang ada di Jalan Raya Bogor, dan lapangan golf. "Nilai PBB nya bisa mencapai Rp.200, Rp 400 juta. Perolehannya dari luas tanah dan bangunan pabrik, bukan dari omset pabrik,"terangnya.

Hingga saat ini, katanya, realisasi pendapatan PBB di Kota Depok diperkirakan mencapai 40 persen atau sebesar Rp.50 miliar. "Diperkirakan hingga target triwulan kedua realisasi pendapatan PBB bisa tercapai, kita akan terus berjuang, biasanya masyarakat menjelang jatuh tempo akan berbondong-bondong membayar PBB. Selain itu potensi PBB yang besar juga belum banyak yang membayar," paparnya,

Sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah dari PBB, kata Supian, pihaknya memberikan hadiah undian berupa sepeda motor bagi wajib pajak yang membayar PBB tepat pada waktunya."Nanti menjelang jatuh tempo lagi akan kita undi dua motor lagi, ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat sekaligus merangsang untuk membayar PBB," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini