Share

Mika-Qu, Belajar Fisika Sambil Mendalami Agama

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Sabtu 26 Juli 2014 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 372 1017997 AnvZbMyELY.jpg Sekelompok mahasiswa UNY membuat komik untuk belajar fisika sambil mendalami hikmahnya melalui sudut pandang agama. (Foto: dok. UNY)
A A A

JAKARTA - Selain matematika, mata pelajaran eksakta yang kerap menjadi momok adalah Fisika. Banyak pelajar beralasan, banyaknya rumus dan angka membuat bidang ini sulit dipahami.

Padahal, menguasai ilmu fisika dapat memberi keuntungan dalam kehidupan sehari-hari. Fisika juga merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di berbagai bidang eksakta, teknik atau kedokteran.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Salah satu menyiasati ketakutan terhadap fisika adalah dengan mengajarkan bidang ini sejak dini dengan cara menarik. Selain menyampaikan materi teori dengan cara yang komunikatif, pemahaman siswa juga harus diperkuat dengan contoh penerapan rumus fisika sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Terobosan inilah yang dilahirkan sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Rizki Ageng Mardikawati dan Dewi Yuliana (dari Prodi Pendidikan Fisika FMIPA), Muhammad Fajar Romadhonni (dari Prodi Pendidikan Matematika), Geri Wiliansa (dari Prodi Matematika FMIPA) dan Mega Setya Gama (dari Prodi Pendidikan Seni Rupa FBS) membuat materi pelajaran fisika dalam komik Fisika Qurani alias Mika-Qu.

Rizki menjelaskan, Mika-Qu adalah komik tentang fisika dan penerapan sederhananya dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaannya dengan komik lain sejenis adalah, Mika-Qu memberikan sentuhan moral dan Islami. Diharapkan, hal itu akan memotivasi dan menyemangati mereka yang sedang mempelajari fisika. Sebab, ilmu itu ternyata sangat dekat dengan realita kehidupan dan hikmah sehari-hari.

"Efek lain yang didapatkan adalah adanya peningkatan keimanan keislaman bagi pembacanya. Karena ajaran agama Islam tidak hanya mengatur soal ibadah dan aqidah, namun segala aspek dalam kehidupan ini, termasuk fenomena fisika," tutur Rizki, seperti dilansir laman UNY, Sabtu (26/7/2014).

Agar tujuan tersebut tercapai dengan lebih efektif, tim kecil ini pun membuat dua versi komik. Menurut Dewi Yuliana, Mika-Qu for Kids merupakan jenis komik untuk anak-anak prasekolah dan Sekolah Dasar. Sedangkan Mika-Qu for Teens ditujukan bagi siswa SMP dan SMA. Kedua jenis komik berisi penjelasan tentang penerapan fisika sederhana dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan Al-Quran dan hikmah, tentu sesuai dengan level usia.

Muhammad Fajar Romadhonni mengimbuhkan, proyek ini merupakan karya Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang didanai Dikti. Satu eksemplar Mika-Qu dengan halaman berwarna dibanderol Rp30 ribu. Sedangkan komik hitam putih dihargai Rp20 ribu.

"Dengan penggabungan yang cantik antara fisika, inspirasi hikmah Al-Quran dan penyajian, kami optimis usaha ini akan berjalan dan membawa kemanfaatan. Ini karena kami tak hanya menawarkan produk, namun juga solusi untuk permasalahan negeri, terutama permasalahan moral," imbuh Fajar.

Tertarik membeli komik unik ini? Kontak saja fanpage facebook Komik Fisika Qurani, akun twitter di @mikaqu atau @rizkismile1, blog www.komikfisikaqurani.blogspot.com. Peminat juga bisa menghubungi Rizki Ageng Mardikawati di 085 643 199 417. 

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini