Share

Indekos Saat Kuliah? Pahami Rambu-Rambunya

Rani Hardjanti , Okezone · Sabtu 02 Agustus 2014 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 373 1018010 rLFQzlYJMf.jpg Hidup bersama di indekos dengan orang baru dan memiliki latar belakang budaya yang berbeda dibutuhkan aturan agar bisa hidup berdampingan secara harmonis. (Ilustrasi: AP)
A A A

JAKARTA - Tahun ajaran baru perkuliahan akan dimulai pada September. Di sinilah saatnya siswa SMA akan memasuki babak baru dalam kehidupan.

Ya, kini saatnya duduk di bangku kuliah. Jika kampusmu jauh, menyewa sebuah kamar atau indekos, adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sejumlah indekos biasanya menawarkan fasilitas dan harga yang beragam. Ada yang menggunakan satu kamar untuk satu orang, satu kamar untuk dua orang, berpendingin ruangan, air hangat, kamar mandi pribadi di dalam kamar, atau hanya kamar mandi umum yang dipakai bersama-sama.

Namun, sebelum memutuskan untuk indekos ada hal prinsip yang perlu diketahui. Yaitu, rambu-rambu di dalam indekos. Sebab, hidup bersama dengan orang baru dan memiliki latar belakang budaya yang berbeda dibutuhkan aturan agar bisa hidup berdampingan secara harmonis. Apalagi kalau tinggal dalam satu kamar alias jadi roomate.

Apa saja rambu-rambu indekos tersebut?

1. Harus jelas sejak awal. Tentukan aturan main yang harus dilaksanakan bagi penghuni kamar.

2. Saling membantu. Sebab bila jauh dari rumah, orang terdekat adalah teman kos.

3. Hargai barang-barang teman sekamar. Ini mungkin sepele, tetapi jangan asal main pakai barang milik teman.

4. Hati-hati dalam membawa teman ke kamar. Bisa jadi teman sekamarmu sedang ingin istirahat atau butuh konsentrasi untuk menghadapi ujian.

5. Kunci pintu kamar dan pintu. Perhatikan dan komunikasikan baik-baik soal kunci. Kunci adalah benteng pertama keamanan kamar.

6. Ramahlah tanpa mengharapkan timbal balik. Jangan berharap teman-teman indekos akan bisa setulus apa yang kamu lakukan.

7. Terbukalah. Jika kamu sakit atau kamu sedang badmood katakanlah kepada roommate. Sehingga mereka bisa memaklumi sikapmu dan tidak menjadi salah persepsi.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini