Share

Ini Dia Makanan Wajib Ada Saat Lebaran

Margaret Puspitarini , Okezone · Senin 28 Juli 2014 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 373 1018056 xTtzj8ol1w.jpg Opor ayam dan ketupat adalah menu khas saat hari Lebaran. Berbagai makanan khas daerah lain pun menjadi pelengkap saat berkumpul bersama keluarga besar. (Foto: dok. Okezone)
A A A

JAKARTA - Opor ayam dan ketupat merupakan menu khas yang ada di hari Lebaran. Berbagai makanan khas daerah masing-masing pun menjadi pelengkap saat berkumpul bersama keluarga besar.

Mahasiswa jurusan Manajemen Universitas Indonesia (UI) Fety mengaku, hidangan Lebaran yang disantapnya merupakan bikinan sang bude. Khususnya sambel racikan sang bude yang selalu dinanti setiap tahun.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Lauk-lauk sih standar. Ada lontong atau ketupat, opor, dan semur lidah. Tapi biasanya bude saya harus bikin sambel. Soalnya sambel bikinan dia enak banget," kata Fety ketika berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Lain lagi dengan cerita mahasiswa Jurnalistik IISIP Jakarta, Meutia. Ayahnya yang berdarah Aceh serta sang ibu yang asli Betawi membuat sulung dari dua bersaudara itu berkesempatan merasakan kekayaan kuliner dua daerah ketika Lebaran tiba.

"Makanan wajib ada saat Lebaran itu sayur nangka dan rendang ala Aceh. Tapi enggak pernah masak ketupat karena ayah enggak doyan," papar Meutia.

Lucunya, makanan khas Aceh itu mampu menarik perhatian keluarga besar sang ibu untuk bertandang ke rumah mereka sehabis berkumpul di rumah nenek mereka. Sebab, di keluarga Betawi, kata Meutia, makanan khas yang ada hanya opor dan ketupat.

"Kalau sore hari ketika Lebaran, biasanya keluarga besar ibu saya ke rumah. Pindah dari rumah nenek ke rumah saya karena makanan di rumah kami kan beda sendiri," ujarnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini