Share

Libur Semester, Jangan Cuma Leyeh-Leyeh Aja!

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Jum'at 25 Juli 2014 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 373 1018101 OxfO7Gmfwe.jpg Mahasiswa jurusan Fisika Unesa menggelar kegiatan Fisika Mengabdi selama libur semester. (Foto: dok. Unesa)
A A A

JAKARTA - Liburan semester memang asyiknya dijalani dengan santai. Malas-malasan di rumah, atau jalan-jalan bareng keluarga dan teman.

Tetapi, enggak ada salahnya, kok, mengisi libur panjang dengan kegiatan bermanfaat. Apalagi, libur semester kali ini bertepatan dengan bulan Ramadan. Jadi, bisa kita manfaatkan sebagai sarana ibadah.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Contohnya dilakukan mahasiswa jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Melalui kegiatan Fisika Mengabdi, mereka mewujudkan tri dharma perguruan tinggi yang ketiga, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Wakil Ketua Pelaksana Fisika Mengabdi 2014 Fajar Kurniawan menjelaskan, selama sekira seminggu, tepatnya pada 13-20 Juli lalu, 80 mahasiswa Fisika Unesa ini menggelar berbagai kegiatan untuk penduduk Desa Padasan, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Mengusung tema "Dari Fisika untuk Bangsa", mereka menghelat  kegiatan Fisika Mengajar untuk para siswa SD/MI di Desa Padasan. Di akhir program, ada lomba cerdas cermat yang diikuti semua sekolah tersebut.

Program serupa adalah mengajar di TPA/TPQ yang ditutup dengan lomba pembacaan Alquran (MTQ) tingkat SD/MI. Kemudian, ada juga kegiatan Workshop Robotika untuk memperkenalkan teknologi robot kepada siswa-siswi SMPN 1 Kerek. 

Tim pelaksana Fisika Mengabdi juga membuat kegiatan penyuluhan pertanian dan peternakan. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban. Sebagai penutup, ada pengajian akbar di malam terakhir Fisika Mengabdi.

Menurut Fajar, banyak ornag menganggap kegiatan pengabdian masyarakat tidak berdampak apa pun untuk mahasiswa. Tetapi, peryataan tersebut kurang tepat.

"Justru melalui kegiatan Fisika Mengabdi ini mahasiswa dapat langsung terjun ke masyarakat. Mahasiswa belajar tentang kehidupan bermasyarakat, kemandirian, dan berbagi. Jika biasanya hanya belajar di kelas atau di laboratorium, kali ini mahasiswa langsung belajar di alam, pelajaran yang tidak akan kita dapatkan dari buku," ujar Fajar, seperti dikutip dari laman Unesa, Jumat (25/7/2014).

Enggak mau kalah dengan himpunan mahasiswa jurusan Fisika, mahasiswa Fakultas Ekonomi Unesa pun menggelar kegiatan FE Mengabdi. Mereka memfokuskan kegiatan di Kabupaten Bojonegoro. Sementara itu, program pengabdian masyarakat Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Sains dipusatkan di Kabupaten Lamongan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini