Share

Maba, Kenali Istilah Ini

Margaret Puspitarini , Okezone · Jum'at 01 Agustus 2014 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 373 1018287 beDs7IOy6G.jpg Maba, Kenali Istilah Ini (Ilustrasi : Corbis)
A A A

JAKARTA - Sebagai pendatang baru, para mahasiswa baru atau maba masih merasa asing dengan berbagai istilah yang digunakan dalam dunia kampus. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dipelajari.

Di awal masuk, mahasiswa baru akan sering mendengar istilah ospek, KRS, Kajur, maupun dosen wali. Nah, berikut beberapa istilah tersebut dan penjelasan sederhana tentangnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ospek

Pada tingkatan SMP dan SMA, kegiatan ini sering disebut dengan Masa Orientasi Siswa (MOS). Sama seperti konsep MOS, ospek bertujuan mengenalkan mahasiswa baru terhadap lingkungan kampus yang dilakukan oleh para mahasiswa senior. Mulai dari kegiatan akademik maupun berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang tersedia untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa.

Ironisnya, kegiatan ini sering diwarnai aksi kekerasan sebagai bentuk senioritas sehingga membuat mahasiswa baru merasa trauma. Namun, rektor di berbagai perguruan tinggi telah menjamin jika pelaksanaan ospek tidak akan memuat unsur tersebut.

KRS

KRS adalah Kartu Rencana Studi. Formulir ini yang wajib diisi oleh mahasiswa mengenai rencana studi pada semester tersebut. Termasuk di dalamnya mata kuliah yang ingin diambil selama satu semester. Namun, bagi mahasiswa baru, umumnya mata kuliah dan jadwal kuliah di semester awal sudah dipaketkan. Mereka baru bisa memilih dan mengatur sendiri mata kuliah pada semester berikutnya.

Biro Administrasi Akademik

Di tiap kampus, istilah untuk lembaga ini sangat beragam. Ada yang menyebut BPAA, BAK, maupun BAAK. Namun intinya, lembaga tersebut merupakan tempat bagi mahasiswa untuk mengatur berbagai urusan administrasi yang terkait dengan perkuliahan.

Kajur

Apa itu kajur? Kajur merupakan kepanjangan dari Ketua Jurusan. Di beberapa kampus, Kajur juga sering disebut sebagai Ketua Program Studi (Kaprodi). Mereka adalah orang yang bertanggung jawab atas berbagai hal yang terjadi pada sebuah jurusan atau program studi.

Dosen Wali

Sebutannya bisa beragam di tiap kampus. Namun intinya, dosen wali adalah dosen yang akan membantu mahasiswa untuk mengatur jadwal maupun mata kuliah yang akan diambil setiap semester.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini