Share

Prasasti Batu Tulis, Kisah Sejarah di Kota Bogor

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 25 Juli 2014 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 408 1018097 1la9rHEg8x.jpg Prasasti Batu Tulis, Kisah Sejarah di Kota Bogor (Foto:nrmnews)

KERAJAAN Pajajaran telah berkuasa di bumi Pakuan selama ribuan tahun. Banyak sekali jejak sejarah berupa pahatan batu indah seperti Prasasti Batu Tulis.  

Harta peninggalan penguasa Tanah Sunda kuno dapat disaksikan wisatawan di Kota Bogor. Terletak 5 km dari pusat kota, tepat di ruas sisi Jalan Raya Batu Tulis No 54 Bogor, wisatawan mengenalnya dengan nama Istana Batu Tulis.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Prasasti ini berbentuk lingga menjadi bukti kekuasaan, jejak kaki raja, tanda segitiga dan batu prasasti ini terdapat tulisan beraksara Sunda.

 

"Wah kalau kita merintis sejarah Batu Tulis panjang sekali kisahnya," ucap Sejarawan Bogor Eman Sulaeman saat ditemui Okezone di Gedung Kemuding Gading Bogor, baru-baru ini

 

Prasasti Batu Tulis ditemukan 1513. Para peneliti dari Eropa menyatakan orang Portugis pertama kali datang ke Bogor dan menemukan prasasti tinggalan Kerajaan Pajajaran terdahulu.

 

Masyarakat Bogor patut berbangga memiliki prasasti ini dan harusnya memelajari lebih dalam kisahnya. Di prasasti tersebut tercantum pengangkatan dari Sri Baduga Maharaja Ratuhaji sebagai pemimpin Kerajaan Pajajaran.

 

"Beruntung prasasti ini sudah disahkan menjadi cagar budaya yang harus dilindungi semua kalangan masyarakat," imbuhnya.

 

Adanya prasasti ini membuktikan Kota Bogor kaya dengan kisah sejarah Kerajaan Pajajaran yang masih terpendam.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini