Share

Aktivitas Melebihi Jam Kerja Berisiko Kanker

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 25 Juli 2014 12:56 WIB
$detail['images_title']
Aktivitas melebihi jam kerja berisiko kanker (Foto: Boldsky)

SEBAGIAN besar waktu dihabiskan di kantor untuk bekerja. Namun sayangnya, berbagai kebiasaan yang dilakukan di kantor cenderung menempatkan Anda pada beberapa risiko penyakit, salah satunya kanker.  

Kanker bisa terjadi karena kebiasaan duduk berjam-jam di kantor. Sebagaimana dikutip Boldsky, Jumat (25/7/2014), studi dari American Institute for Cancer Research menunjukkan bahwa orang yang duduk selama berjam-jam memiliki peningkatan risiko mengembangkan peradangan pada organ internal perut bagian bawah yang dapat menyebabkan kanker.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, duduk selama berjam-jam juga dapat mengurangi aktivitas fisik. American Institute for Cancer Research juga menunjukkan bila duduk selama berjam-jam dan kurang aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko terkena kanker endometrium dan kolorektal atau usus. (Baca: Perjuangan Bocah 8 Tahun Hadapi Kanker Ginjal)

 

Lebih lanjut, masih berhubungan dengan dunia kerja yang dapat menjadi salah satu penyebab kanker. Bekerja shift malam juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara bagi wanita. (Baca: Cegah Kanker Mulut dengan Cara Berikut)

 

Dari sebuah survei terhadap 2.000 perempuan, ditemukan bahwa wanita yang bekerja di shift malam selama lebih dari dua bulan memiliki peningkatan risiko mengembangkan penyakit. Gangguan pada siklus tidur dan perubahan gaya hidup adalah dapat menekan melatonin yang merupakan kontributor utama penyebab kanker.

 

(fik)