Share

Musim Hujan, Hati-Hati dengan Penyakit Ini

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Jum'at 25 Juli 2014 14:30 WIB
$detail['images_title']
Musim hujan, hati-hati dengan penyakit ini, (Foto: Runi/Okezone)

HUJAN yang terus menerus turun belakangan ini, membuat orang gampang jatuh sakit. Jika Anda tidak ingin hal itu terjadi, waspadai penyakit leptospirosis.

 

Apa itu leptospirosis? Dijelaskan Kanchan Naikawadi, pendiri Indus Health Plus, leptopirosis adalah penyakit yang disebabkan bakteri air kotor melalui air hujan atau saat Anda secara terpapar kotoran hewan. Pada penyakit ini, bakteri akan masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan air yang sudah terkontaminasi. Kemudian masuk dan menyebar ke dalam usus, alhasil membuat seseorang jadi demam tinggi, menggigil, sakit kepala, dan lain-lain

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Di samping itu, jika tidak diobati langsung bisa menyebabkan kerusakan ginjal, gagal hati, meningitis, gangguan pernapasan dan gagal hati. Bahkan juga menyebabkan infeksi kulit parah.

 

Dengan demikian, penting mengambil langkah preventif agar bisa menghindari risiko itu.

 

Selanjutnya, leptospirosis sendiri banyak penyebabnya. Ya, tidak hanya terkena air hujan yang kotor dan terpapar kototan hewan. Mau tahu? Berikut ulasannya, seperti dilansir Healthmeup.

 

- Minum air yang yang sudah tidak bersih atau kotor. (Baca: Penyakit Khas Para Pemudik)

 

- Terpapar dengan air hujan atau tanah yang sudah terkontaminasi bakteri  dan dari kotoran hewan di atas genteng.

 

- Bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui luka atau luka lecet pada kulit.

 

- Basah karena air banjir atau air dari selokan di daerah Anda tinggal.

(fik)