Share

Stretching Pernapasan Supaya Gak Mudah Emosi

Septian Pamungkas, Okezone · Jum'at 25 Juli 2014 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 25 52 1017943 5aGtMR6nuI.jpg F: Ilustrasi kemacetan saat arus mudik lebaran (Risna Nur Rahayu / Okezone)

JAKARTA - Musim mudik lebaran telah tiba. Kepadatan mulai terlihat di jalur yang kerap menjadi langganan arus mudik. Antrean panjang ditambah lagi dengan cuaca yang cukup panas tentu akan menguras tenaga.

Tidak hanya menghabiskan banyak tenaga, situasi seperti ini biasanya kerap timbul emosi dan cepat lelah. "Jika tekanan jantung naik yang timbul emosional," terang Pelatih Safety Riding Polda Metro Jaya Aiptu Bambang Margono beberapa waktu lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya melakukan perenggangan atau stretching pernapasan untuk menjaga tekanan jantung.

"Stretching pernapasan ini supaya menormalkan kembali tekanan jantung dan stres akan menjadi hilang dengan sendirinya," katanya.

"Atur pernapasan dan tahan pernapasan, ukurannya 30 detik." tambahnya lagi.

Lebih lanjut Bambang menyampaikan, bagi pengguna sepeda motor sebaiknya menggunakan masker penutup hidung agar udara oksigen yang masuk ketubuh tidak bercampur dengan debu. Selain itu, dalam melakukan pengaturan napas ini dilakukan dengan posisi tubuh tegap, namun salah satu rem harus aktif agar tunggangan tidak bergerak.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini