Share

Lagi, Ricciardo Nodai Dominasi Mercedes di Hungaroring

Randy Wirayudha, Jurnalis · Minggu 27 Juli 2014 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 27 37 1018801 NFyin1s6ZK.jpg Daniel Ricciardo kembali rebut puncak podium keduanya di Hungaria, setelah meraih gelar pertamanya musim ini di Kanada lalu (Foto: Kai Pfaffenbach/REUTERS)
A A A

MOGYORÓD – Bukan Sebastian Vettel, melainkan Daniel Ricciardo, yang kembali jadi ‘jagoan’ Red Bull guna mematahkan dominasi duo Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton. Setelah di Montreal, Ricciardo mengulang suksesnya lagi di GP Hungaria.

 

Hanya butuh 14 lap awal Ricciardo memupuk kesabaran, sampai akhirnya merebut posisi terdepan race GP Hungaria, saat pemimpin start, Nico Rosberg mengalami problem pada power mobilnya. Pilot Red Bull ini tak terkejar menyabet podium utama seri Hungaroring.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Di saat Rosberg kehilangan daya pacu mobilnya itu, Ricciardo beserta pembalap lain mulai mengasapi driver Mercedes itu. Ricciardo sendiri mampu mempertahankan posisinya, termasuk saat terlibat pertarungan ketat dengan Alonso di saat-saat akhir.

 

Jalannya Balapan

Rosberg yang start dari pole-position, melakukan launch yang bagus dan seketika memimpin jalannya balapan. Sementara rekan setimnya, Lewis Hamilton yang harus start dari pit-lane bersama Kevin Magnussen, sempat mengalami sedikit benturan dengan dinding pit-lane hingga wing kiri depannya mengalami sedikit kerusakan.

 

Meski begitu, Hamilton mampu memacu mobilnya untuk melewati lawan-lawannya dari posisi belakang, sampai menempati tempat ke-13 di lap kedelapan. Benturan lainnya juga hampir terjadi antara Sebastian Vettel dan Fernando Alonso saat start.

 

Nasib sial sudah menghampiri pilot Caterham, Marcus Ericcson di akhir lap kedelapan. Mobilnya tergelincir dan membentur dinding trek. Beruntung, pembalap asal Swedia itu bias keluar dari jet daratnya tanpa cedera.

 

Insiden lain juga nyaris terjadi antara Esteban Gutiérrez dan Sergio Pérez, saat hendak keluar dari pit-stop. Keduanya nyaris bersenggolan di lintasan pit-lane yang sempit, lantaran dua pembalap itu ingin jadi yang pertama keluar dari pit-lane di lap kesembilan-pasca keluarnya safety car menyusul kecelakaan Ericsson.

 

Dewi fortuna juga menjauh dari Romain Grosjean. Di lap ke-11, driver andalan Lotus itu gagal melanjutkan balapan. Mobilnya tak bergerak akibat mengalami kerusakan di tengah lintasan.

 

Memasuki lap ke-14, Rosberg terlihat mengalami masalah pada mobilnya yang menurun kecepatannya. Tak ayal, pembalap-pembalap lain di belakangnya mulai ambil overtake, mulai dari Kevin Magnussen, Jean-Éric Vergne, Felipe Massa, Daniel Ricciardo dan Jenson Button yang sempat memimpin.

 

Namun Button mesti masuk pit-stop dan pimpinan lomba dicuri Ricciardo. Insiden lainnya dialami pembalap Force India. Nico Hülkenberg mengalami kerusakan pada wing depan setelah menyenggol ban belakang Pérez.

 

Tak sampai di situ, kontak lainnya juga mendera Pastor Maldonado dan Jules Bianchi. Di lap ke-18, Maldonado yang terlampau agresif malah menubruk lambung samping mobil Bianchi. Maldonado masih bisa melanjutkan balapan setelah masuk pit-stop dan mengganti hidung mobilnya, tapi tidak halnya dengan Bianchi.

 

Kecelakaan hebat lain menerpa Pérez di penghujung lap ke-23. Usai keluar dari tikungan terakhir, mobilnya tergelincir dengan kecepatan cukup tinggi dan menghantam dinding trek dengan.

 

Mobil Pérez pun ringsek, tapi beruntung sang pembalap masih bisa keluar dari mobilnya tanpa cedera. Sampai memijak lap ke-26, pergantian pimpinan berubah lagi. Alonso mencuri tempa terdepan, tapi Rosberg mulai bisa menyusul lagi setelah DRS (Drag Reduction System) kembali boleh digunakan.

 

Vettel! Jawara empat kali F1 itu nyaris mengalami insiden serupa dengan Pérez. Keluar dari belokan terakhir lap ke-32, Vettel tergelincir dengan kecepatan tinggi. Beruntung, Vettel bisa sedikit mengendalikan mobilnya hingga benturan ban mobilnya dengan dinding trek tak terlalu keras. Vettel pun terus bisa melanjutkan race.

 

Sementara daftar retired terus diisi para pembalap dari tim-tim medioker lainnya seperti Gutiérrez dan Kamui Kobayashi yang sama-sama mengalami kerusakan mobil. Saat Ricciardo di atas angin dan memilih masuk pit-stop, Alonso dan Hamiltion ambil kesempatan menyalip.

 

Jelang akhir-akhir race, Alonso meng-overtake Hamilton dari chicane dan memimpin balapan. Namun di lap k-68, terjadi pertarungan sengit antara Ricciardo dan Alonso. Ricciardo pun mampu mempertahankan posisinya di tempat pertama melewati bendera finis dan akhirnya diikuti Alonso di podium kedua dan Hamilton di tempat ketiga.

 

Hasil Lengkap Race F1 GP Hungaria 2014:

1. Daniel Ricciardo Australia Red Bull-Renault 70 laps 1hr 53m 05.058s

2. Fernando Alonso Spain Ferrari-Ferrari +00m 05.2s

3. Lewis Hamilton Britain Mercedes-Mercedes +00m 05.8s

4. Nico Rosberg Germany Mercedes-Mercedes +00m 06.3s

5. Felipe Massa Brazil Williams-Mercedes +00m 29.7s

6. Kimi Räikkönen Finland Ferrari-Ferrari +00m 31.3s

7. Sebastian Vettel Germany Red Bull-Renault +00m 40.7s

8. Valtteri Bottas Finland Williams-Mercedes +00m 41.0s

9. Jean-Éric Vergne France Toro Rosso-Renault +00m 57.1s

10. Jenson Button Britain McLaren-Mercedes +01m 05.8s

11. Adrian Sutil Germany Sauber-Ferrari +01m 06.3s

12. Kevin Magnussen Denmark McLaren-Mercedes +01m 16.5s

13. Pastor Maldonado Venezuela Lotus-Renault +01m 21.7s

14. Daniil Kvyat Russia Toro Rosso-Renault +1 lap

15. Jules Bianchi France Marussia-Ferrari +1 lap

16. Max Chilton Britain Marussia-Ferrari +1 lap

 

Rtd Esteban Gutiérrez Mexico Sauber-Ferrari 33 laps completed

Rtd Kamui Kobayashi Japan Caterham-Renault 25 laps completed

Rtd Sergio Pérez Mexico Force India-Mercedes 23 laps completed

Rtd Nico Hülkenberg Germany Force India-Mercedes 15 laps completed

Rtd Romain Grosjean France Lotus-Renault 11 laps completed

Rtd Marcus Ericsson Sweden Caterham-Renault 8 laps completed

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini