Share

Madumongso Camilan Lebaran Warga Madiun

Dewi Kania, Okezone · Senin 28 Juli 2014 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 26 299 1018487 L83RnrPiwB.jpg Madumongso Camilan Lebaran Warga Madiun (Foto:kaskus)
A A A
MADUMONGSO terkenal di Madiun Terlebih saat Lebaran, camilan satu ini selalu ada di meja tamu menjadi 'teman' perayaan Idul Fitri bagi warga Madiun.

Camilan ini terbuat dari tapai ketan hitam yang diolah seperti membuat dodol. Teksturnya legit, begitu juga rasanya manis dan sedikit asam membuat lidah tak mau berhenti mengunyah.

"Kalau silaturahim ke rumah tetangga-tetangga, madumongso pasti ada di meja tamu," kata travel blogger Christanto saat dihubungi Okezone, Sabtu (26/7/2014)

Sebelum Lebaran, biasanya warga Madiun rela berjam-jam mengolah madumongso di depan tungku kayu panas. Membuatnya hanya membutuhkan tapai ketan hitam ditambah gula pasir, santan, lalu diaduk sampai mengental.

"Lucunya kemasan madumongso sekarang diganti jadi warna-warni. Kalau dulu sih cuma dibungkus plastik mirip permen," lanjutnya

Selain menjadi sajian Lebaran, madumongso jadi oleh-oleh andalan Madiun. Di setiap pusat oleh-oleh pasti menjual madumongso dengan kemasan kertas waran-warna menyolok yang menggoda mata.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(jjs.-)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini