Share

Perkedel Ikan, Camilan Pas Usai Lebaran

Johan Sompotan, Okezone · Selasa 29 Juli 2014 22:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 28 490 1018908 NmPkFzAQMf.jpg Perkedel Ikan, Camilan Pas Usai Lebaran (Foto:dapoersimbok)
A A A

HAI Chef, saya Tia (39) usai Lebaran suka bingung mau mempersiapkan makanan apa. Apalagi selama Lebaran selalu menyantap santan. Adakah ide masakan yang pas dibuat usai Lebaran? Terima kasih jawabannya

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tia - Tanah Kusir

Jawab:

Mempersiapkan makanan setelah Lebaran banyak macamnya, bergantung pada kesukaan keluarga di rumah. Bila ingin berbeda, Anda bisa menyiapkan perkedel ikan.

Untuk membuatnya, sebaiknya mempergunakan ikan jenis air laut. Rasanya lebih manis dan enak ketimbang ikan lainnya. Jika biasanya perkedel dibuat memakai kentang, kini ikan bisa dimanfaatkan menjadi makanan yang enak.

Pertama kali bikin dahulu adonan perkedel, campur ikan jenis air laut yang disukai yang sudah diberi udang lalu haluskan. Fungsi penambahan udang adalah untuk memberikan rasa gurih. Bila sudah berikan tepung sagu sedikit demi sedikit, telur dan kasih bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan bersama. Berikan daun bawang, aduk rata. Sisihkan.

Terakhir, ambil sendok makan, kemudian bulatkan dan pipihkan.  Goreng dalam minyak panas sampai kuning kecokelatan.

Sajikan perkedel dengan saus sambal.

Andrew Moreez

Executive Chef SwissBell Hotel Harbour Bay, Batam

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini