Share

Ketua Komisi IX DPR: Oknum BNP2TKI Bekingi Pemeras TKI

Fiddy Anggriawan , Okezone · Selasa 29 Juli 2014 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 29 339 1019036 5xnbUTPTCE.jpg Ribka Tjiptaning (Foto:okezone)
A A A

JAKARTA- Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning mengungkapkan, ada oknum petugas dari Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) yang ikut terlibat dalam kasus pemerasan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Bandara Soekarno Hatta.

"Oknum pasti ada. Tapi oknum kan bisa melakukan itu karena jabatan dia," tegas Ribka di Posko Perjuangan Rakyat (Pospera), Jakarta, Selasa (29/7/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Ribka, kasus pemerasan TKI di Bandara Soekarno Hatta sudah berlangsung bertahun-tahun. Dia pun mengaku sering memergokinya.

Politisi PDIP ini mengklaim, DPR sejauh ini sudah melakukan kajian terkait persoalan pemerasan TKI ini. "Satgas TKI, tim khusus TKI yang antar komisi saja sudah. Sampai dipimpin pimpinan DPR juga enggak selesai," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri dan Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menggelar inspeksi mendadak di Kantor PT Angkasa Pura Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu 26 Juli 2014 dini hari.

Sebanyak 18 orang yang diduga pemeras TKI diamankan dalam kegiatan tersebut, yakni satu oknum anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat, dua oknum polisi, dan para calo yang kerap beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini