Share

DPR Desak Penutupan Terminal Khusus TKI di Bandara Soetta

Fiddy Anggriawan , Okezone · Rabu 30 Juli 2014 08:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 30 337 1019043 AzLytsoaQv.jpg DPR Desak Penutupan Terminal Khusus TKI di Bandara Soetta (foto:Okezone)
A A A

JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning, mendesak pemerintah menutup terminal khusus untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Hal itu dianggap sebagai solusi mengatasi persoalan pungutan liar dan pemerasan terhadap TKI.

"Memang solusinya ditutup aja," kata Ribka di acara open house di Posko Perjuangan Rakyat (Pospera), Jakarta, Selasa (29/7/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia menambahkan, seharusnya para TKI yang baru pulang dari luar negeri, tidak diwajibkan lewat terminal khusus TKI. "Ya sudah TKI yang pulang ke negaranya dianggap seperti biasa, seperti warga negara lain. Enggak usah ada lagi diskriminasi," tegasnya.

Dirinya pun mengakui bahwa ada indikasi korupsi mafia TKI di Bandara Soekarno Hatta. Sebab, dia mengaku pernah memergoki kasus pemerasan TKI di bandara internasional itu.

"Tapi dirasa ada, susah dibuktikan,"pungkasnya.

Sekadar diketahui, tim gabungan KPK, Bareskrim Mabes Polri dan Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menggelar inspeksi mendadak di Kantor PT Angkasa Pura Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu 26 Juli 2014 dini hari.

Belasan orang diamankan dalam kegiatan tersebut salah satunya, satu oknum anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat, dua oknum polisi, dan para calo yang kerap beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta.

Namun, Polda Metro Jaya melepaskan 18 orang yang dijaring dalam inspeksi mendadak (sidak) KPK dan Bareskrim di Bandara Soekarno Hatta, pada Minggu 27 Juli 2014.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini