Share

Apa Sih Pemeringkatan Repositori Itu?

Margaret Puspitarini , Okezone · Rabu 30 Juli 2014 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 30 373 1019085 Ed2VrVSgyd.jpg Foto : Apa Sih Pemeringkatan Repositori Itu?/Webometrics
A A A

JAKARTA - Setiap ilmu yang akan dimiliki akan terasa berguna jika bisa bermanfaat bagi orang banyak. Dengan demikian, keterbukaan setiap perguruan tinggi sebagai salah satu sumber ilmu dalam bentuk tesis atau hasil penelitian segenap civitas academica mereka harus bisa diakses oleh orang banyak dengan mudah.

Secara rutin selama enam bulan sekali, Webometrics menilai lebih dari 1.500 portal repositori di dunia. Pemeringkatan tersebut bertujuan untuk menakar aksesibilitas dan komitmen perguruan tinggi atau institusi untuk berbagi atau mempublikasikan pengetahuan dan karya-karya ilmiah mereka ke seluruh dunia secara terbuka (fulltext open access).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sistem pemeringkatan ini adalah impact dari portal website atau domain tersebut untuk mengukur seberapa besar manfaat repositori tiap institusi di mata masyarakat dunia.

Pada dasarnya ada dua sistem pemeringkatan untuk repositori di Webometrics, yaitu Top Institutional Repository dan Top Repository. Top Institutional Repository merupakan pemeringkatan institusi yang memiliki repositori, sedangkan Top Repository merupakan pemeringkatan repositori itu sendiri (karena satu institusi bisa jadi memiliki dua repositori).

Ada dua faktor yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics for Institutional Repository, yaitu Impact dan Activity. Impact meliputi komponen Visibility backlink dan visibility Referred domains dengan bobot 50 persen. Kemudian Activity meliputi komponen Size di Google dan Rich Files di Google dengan masing-masing 10 persen, serta Scholar di Google Scholar 30 persen.

Size adalah jumlah halaman website (html) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tetapi tidak termasuk rich files.

Visibility merupakan jumlah external inlinks yang unik (jumlah backlinks) dan jumlah Referred Domains atau domain asal yang backlink yang diterima oleh domain web universitas dan terindeks di Majestic SEO dan Ahref. Visibility ini menyiratkan besarnya impact atau kebermanfaatan bagi masyarakat terhadap sebuah website/repositori.

Rich Files merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google).

Scholar merupakan jumlah semua artikel-artikel ilmiah yang terindeks di Google Scholar lima tahun (2008-2012).

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini