Share

Hamas Keluarkan Daftar Perdamaian kepada Israel

Andreas Gerry Tuwo , Okezone · Rabu 30 Juli 2014 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 30 412 1019059 5ZcRVzZSck.jpg Hamas Keluarkan Daftar Perdamaian kepada Israel (Reuters)
A A A

YERUSALEM - Faksi garis keras Palestina yang berkuasa di Gaza, Hamas mengeluarkan daftar permintaan kepada Israel. Daftar ini dibuat sebagai sarat agar Hamas tidak menembakkan roket ke wilayah Israel.

Berikut daftar Permintaan Hamas kepada Israel dilansir dari CBS News, Rabu (30/7/2014),

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dihentikannya serangan Israel

Permintaan didasari banyaknya korban jatuh serta beberapa situs Hamas yang rusak, Israel pun dilaporkan menyetujui permintaan Hamas ini. Hanya saja, permintaan ini hanya dapat diwujudkan dalam waktu singkat.

Pembukaan blokade Gaza

Ini merupakan permintaan utama Hamas. Pasalnya, jalur tersebut sudah ditutup Israel serta Mesir selama tujuh tahun.

Dijelaskan Hamas, pembukaan blokade tersebut sangat penting bagi kelangsungan serta kesejahteraan warga Palestina di Gaza. Hal ini karena jalur tersebut adalah jalur utama penyaluran bahan-bahan pokok dari luar Gaza.

Pemadaman listrik

Pemadaman listrik di wilayah Gaza sangat sering terjadi. Di Gaza, warga Palestina hanya menerima aliran listrik selama empat jam.

Pemerintah Hamas, sebelum agresi terjadi berulang kali, berutang kepada perusahaan energi asal Israel soal masalah pasokan energi ini.

Respons Israel terkait masalah ini, beberapa kali mengarah positif. Israel pun secara tersirat menyatakan siap membantu pemulihan energi listrik di Gaza.

Hak menangkap ikan

Permintaan tersebut adalah langkah awal untuk keluar dari isolasi ekonomi yang diterapkan Israel. Hamas, meminta diizinkan memperluas daerah menangkap ikan sejauh 19,4 kilometer (KM).

Namun, Israel kemungkinan besar tidak akan menyetujui permintaan Hamas ini. Israel beralasan, bila permintaan ini dikabulkan maka Hamas akan menggunakan jalur laut untuk menyelundupkan senjata serta tindakan pengeboran minyak lepas pantai secara ilegal.

Pembebasan Tahanan

Ada ratusan anggota Hamas yang ditahan Israel. Israel dalam beberapa waktu pernah melepaskan tahanan Hamas atau melakukan pertukaran tahanan.

Hanya saja, Israel kemungkinan tidak akan mewujudkan permintaan Hamas ini. Pasalnya, beberapa tahanan yang dilepas Israel kembali melakukan pelanggaran yang sebelumnya sudah disetujui.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini