Share

45 Toko Ludes Terbakar di Aceh Barat Daya

Salman Mardira , Okezone · Jum'at 01 Agustus 2014 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 01 340 1019250
A A A

BANDA ACEH - Sedikitnya 45 toko di Pasar Lama, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya ludes terbakar. Meski tak ada korban jiwa, namun sekira 168 orang yang menggantung hidup di pusat perbelanjaan tradisional itu hilang mata pencaharian dan kerugian ditaksir mencapai Rp15 miliar.

"Kejadiannya tadi menjelang subuh sekira pukul 03.00 WIB. Api pertama muncul dari salah satu toko pakaian kemudian langsung merembet ke toko lainnya. Semua barang dalam toko hangus," kata Rahmat (26), seorang warga setempat kepada Okezone via telefon, Jumat (1/8/2014).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurutnya, api dengan cepat melumat toko yang berkontruksi kayu itu. Saat kebakaran kondisi toko sudah tutup dan suasana sekitar sepi. Sebagian besar yang terbakar adalah toko pakaian jadi.

Begitu api muncul dan mulai membesar, kepanikan hebat melanda kawasan itu, terlebih saat warga mengetahui di dalam beberapa toko terbakar ada penghuninya. Bersama polisi, mereka membangunkan penghuni toko yang masih tertidur agar segera menyelamatkan diri.

Lima unit mobil pemadam kebarakan dikerahkan dan baru mampu menjinakkan api sejam kemudian. Api padam setelah bangunan toko rata dengan tanah.

Wakil Kepala Polres Aceh Barat Daya, Kompol Tamlikan mengatakan, polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran. Namun, dugaan sementara kebakaran disebabkan arus pendek listrik. Ini karena listrik sempat mati sebelum kebakaran, kemudian menyala.

"Setelah lampu nyala kembali tiba-tiba keluar asap dari sebuah ruko," ujarnya.

Hingga kini Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya sudah menyalurkan bantuan dan mendirikan tenda di lokasi kebakaran, untuk menampung korban yang kehilangan tempat tinggal.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini