Share

10 Kampus Terbaik Dunia di Negeri Paman Sam (1)

Margaret Puspitarini , Okezone · Jum'at 01 Agustus 2014 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 01 373 1019272 IZje3v1M98.jpg Foto : 10 Kampus Terbaik Dunia di Negeri Paman Sam (1)/Forbes
A A A

JAKARTA - Harvard kembali mengukuhkan namanya sebagai kampus terbaik di dunia 2014. Peringkat itu diberikan oleh Center for World University Ranking (CWUR) berdasarkan delapan indikator penilaian.

Delapan indikator tersebut memiliki bobot berbeda. Lima indikator, yakni mutu pendidikan, pekerjaan alumni, kualitas fakultas, publikasi, dan pengaruh memiliki bobot penilaian masing-masing sebesar 25 persen. Kemudian tiga indikator lainnya, yaitu kutipan, luas dampak, dan paten berbobot lima persen.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Secara lengkap, berikut 10 kampus asal Negeri Paman Sam yang masuk dalam pemeringkatan kampus terbaik dunia 2014 versi CWUR. Demikian, seperti dikutip dari laman CWUR, Jumat (1/8/2014).

1. Harvard University

Dalam pemeringkatan CWUR, kampus yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts itu menempati urutan pertama dari seluruh perguruan tinggi di dunia. Tidak hanya itu, universitas yang berdiri pada 8 September 1636 tersebut juga merupakan kampus terbaik di AS.

2. Stanford University

Persis di belakang Harvard, kampus yang berdiri pada 1891 itu harus puas berada di peringkat dua. Prestasi serupa juga diraih Standford untuk lingkup AS.

3. Massachusetts Institute of Technolgy (MIT)

Kampus terbaik untuk bidang IT itu harus puas menempati urutan ketiga. Demikian pula dalam lingkup AS.

4. Columbia University

Universitas tempat Cinta Laura menimba ilmu itu meraih posisi keenam dalam pemeringkatan kampus terbaik di dunia. Sementara untuk skala nasional, Columbia University berada di urutan empat se-AS.

5. University of California, Berkeley

Pada tingkat nasional AS, kampus yang berlokasi di San Fransisco itu menempati ranking lima. Namun, dalam daftar WCUR, universitas berusia 146 tahun itu harus puas berada di nomor tujuh.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini