Share

Jangan Salah Pilih Jurusan!

Margaret Puspitarini , Okezone · Jum'at 01 Agustus 2014 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 01 373 1019307 DKE7TZNoWE.jpg Jangan Salah Pilih Jurusan! (Ilustrasi : straighterline.com)
A A A

JAKARTA - Memilih jurusan atau spesifikasi di perguruan tinggi bukan sekadar perkara suka atau tidak suka. Saat menentukan pilihan, sebaiknya pertimbangkan juga mengenai prospek karier bidang yang digeluti selepas lulus kuliah sehingga dapat membantu kita mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Sebagian besar orang mungkin sudah mantap menentukan pilihan. Namun, masih banyak mahasiswa yang masih bingung untuk menjatuhkan pilihan jurusan atau spesifikasi. Berikut beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan dalam menentukan pilihan, seperti dikutip dari Careerigniter, Jumat (1/8/2014).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Apa yang diberikan oleh pekerjaan itu?

Apakah pekerjaan itu membuat Anda menemukan hal menarik setiap hari dan tidak membuat tertekan di akhir hari? Sanggupkah Anda memberikan kinerja yang baik pada profesi tersebut? Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang hendaknya Anda jawab ketika akan memilih sebuah jurusan maupun spesifikasi.

Lingkungan kerja

Kenali lingkungan kerja Anda kelak sebelum membuat keputusan jurusan atau spesifikasi yang diinginkan. Apakah Anda tipikal orang yang nyaman bekerja di dalam ruangan atau justru di lapangan? Apa Anda mampu untuk hidup dan bekerja di mana saja? Demikian pula dengan jam kerja. Seberapa fleksibel jam kerja Anda? Ukurlah diri Anda dengan berbagai kemungkinan tersebut.

Gaji

Cari tahu besaran gaji atas profesi yang berkaitan dengan jurusan atau spesifikasi Anda. Hitung gaji tersebut dengan kebutuhan Anda. Mampukah gaji tersebut memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari?

Peluang

Lihat peluang pekerjaan jurusan atau spesifikasi yang Anda tekuni? Pilihlah jurusan atau spesifikasi yang memiliki prospek kerja yang cerah di masa depan.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini