Share

Pengunjung Museum Tertua di Indonesia Melonjak

Bramantyo, Okezone · Sabtu 02 Agustus 2014 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 02 407 1019354 ONNUd0jUUU.jpg Libur Lebaran, Pengunjung museum tertua di Indonesia melonjak (Foto: Wikipedia)
A A A

MUSIM libur Lebaran di Kota Solo banyak tempat wisata yang dipadati pengunjung. Salah satunya adalah Museum Radya Pustaka.

Museum Radya Pustaka merupakan  museum tertua di Indonesia yang menyimpan banyak koleksi benda bersejarah. Seperti koleksi keris, arca hingga barang peninggalan Raja Keraton Kasunanan Surakarta, serta naskah-naskah kuno.  

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Ketua Komite Museum Radya Pustaka Purnomo Subagyo, kenaikan jumlah pengunjung selama libur Lebaran hingga  lima kali lipat dari hari biasa.

Jika hari biasa hanya sekira 20 orang pengunjung per hari. Untuk libur Lebaran ini meningkat hingga 100 orang pengunjung per hari.

“Terbanyak hari Rabu kemarin. Jumlahnya mencapai  100 orang,” jelas Purnomo di Solo Jawa Tengah, Jumat, 1 Agustus 2014.

Subagyo mengatakan pengunjung yang datang ke museum adalah pemudik dari sekitar Solo. Mereka memanfaatkan masa libur dengan wisata edukatif.

Hartono, salah satu warga Solo yang bekerja di Bandung salah satu yang mengunjungi tempat wisata tersebut. Dia bersama keluarga memilih mengunjungi museum karena ingin mengenalkan sejarah kepada kedua anaknya yang duduk di bangku sekolah dasar. Menurutnya, banyak benda bersejarah di museum ini.

"Kalau di Bandung, wahana hiburan anak sudah banyak. Kebetulan mudik, jadi saya kenalkan anak pada wisata edukatif ini," jelasnya kepada Okezone.

Selain itu, di Museum Radya Pustaka ini, pengunjung bisa melihat dari dekat koleksi kuno dan bersejarah. Benda koleksi tersebut ditata rapi sebuah pajangan. Bahkan, ada koleksi kuno milik Keraton Solo (kepala kapal) yang bernama Rajamala, berbentuk kepala raksasa.   

Kapal Rajamala adalah kapal milik Keraton Surakarta yang biasa digunakan PB X untuk  bepergian. Sedangkan dodor atau kemudi kapal menjadi koleksi Museum Keraton Surakarta.

Harga tiket masuk museum cukup murah. Hanya Rp5.000 per orang untuk wisatawan lokal. Sedangkan wisatawan mancanegara di tarik Rp10.000 per orang.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini