Share

Costa Sumbang Gol, Chelsea Permalukan Burnley

Firdaus Kresna Putra, Okezone · Selasa 19 Agustus 2014 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 19 45 1026412 B9RVtk8thR.jpg Diego Costa sukses mengawali debut di Premier League. (foto: Paul Hackett/Reuters)
A A A

BURNLEY –  Chelsea sukses membawa pulang tiga poin di laga perdana Premier League saat bertandang ke Stadion Turf Moor, Burnley, Selasa (19/8/2014) dini hari WIB. Diego Costa turut menyumbang satu gol kemenangan Chelsea 3-1 atas Burnley. Hasil ini sekaligus membuat Chelsea memuncaki klasemen pekan pertama EPL.

Burnley secara mengejutkan mampu mencuri gol lebih dulu lewat tendangan voli gelandang asal Skotlandia, Scott Arfield, di menit 14. Arfield mampu melepaskan sepakan indah memanfaatkan umpan silang Matthew Taylor.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keunggulan Burnley hanya bertahan 3 menit, gol debut penyerang anyar Chelsea, Diego Costa, menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Sepakan penyerang Spanyol tersebut membentur pemain belakang Burnley sehingga bola berbelok arah dan mengecoh kiper Tom Heaton.

The Blues bahkan mampu berbalik unggul lewat gol Andre Schurrle di menit 21. Umpan Cesc Fabregas mampu dimaksimalkan Schurrle lewat sepakan kaki kanan yang meluncur ke gawang tanpa bisa dihalau Tom Heaton.

Branislav Ivanovic berhasil memperbesar keunggulan Chelsea lewat gol yang dicetaknya di menit 34. Datang dari belakang pertahanan Burnley, Ivanovic langsung menghujamkan bola ke gawang setelah menerima umpan sepak pojok Cesc Fabregas. Hingga pertandingan babak pertama usai, Chelsea tetap memimpin 1-3.

Jalannya Pertandingan

Chelsea langsung menguasai jalannya pertandingan sejak babak pertama dimulai. Di pertandingan ini, Chelsea menurunkan Cesc Fabregas, Diego Costa, dan Thibaut Courtois, yang menjalani laga perdana mereka di Premier League musim ini.

Laga yang baru berjalan empat menit, The Blues langsung mengancam gawang Tom Heaton. Berawal dari Costa yang mencoba menusuk pertahanan Burnley, bola dilesakkan ke arah Andre Schurrle yang langsung melepaskan sebuah sepakan dari depan kotak penalti, namun hanya meyamping ke sisi kiri gawang Burnley.

Kembali Schurrle memenangi sepak pojok terhadap Jason Shackel di menit ke-10. Dari situasi bola mati ini, Gary Cahill mengirim umpan untuk pemain asal Jerman itu, namun sepakan sang penyerang masih melayang di atas gawang Heaton.

Keasyikan menyerang justru membuat petaka bagi gawang Chelsea. Di menit ke-14 Burnley mampu unggul lebih dulu melalui aksi Scott Arfield, yang memanfaatkan umpan lambung Matthew Taylor dari kanan kotak penalti. Dengan sekali kontrol, Arfield mengarahkan bola ke pojok kanan gawang, tanpa bisa digapai Courtois. Burnley 1-0 Chelsea.

Ternyata gol Burnley  melecut punggawa Chelsea, hanya butuh waktu tiga menit untuk menyamakan kedudukan. Berawal dari Fabregas mengirim bola kepada Ivanovic di sisi kanan dengan backhell, namun sepakan pemain terakhir mengenai mistar gawang. Bola muntah mampu dimanfaatkan Costa dengan sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti. Burnley 1-1 Chelsea di laga yang berjalan 17 menit.

Serangan tim asuhan Jose Mourinho semakin dilancarkan. Penguasaan bola yang bagus dilakukan Chelsea, namun kemudian Fabregas menyia-nyiakan crossing sehingga mampu diamankan Burnley.

Pertahanan Burnley semakin rapuh, dengan mudah pemain Chelsea memperdaya tim asuhan Sean Dyce. Ya, Schurrle membawa Chelsea kini balik unggul di menit 21. Dengan cerdik, Fabregas mengirim umpan silang dari depan kotak penalti, yang diteruskan dengan sepakan volley oleh pemain asal Jerman itu. Burnley 1-2 Chelsea.

Menjelang 10 menit waktu normal, lagi-lagi Fabregas memberi dampak positif untuk tim. Branislav Ivanovic berhasil memperlebar keunggulan bagi Chelsea. Fabregas yang melepaskan umpan dari sepak pojok, dimanfaatkan dengan sontekan Ivanovic di mulut gawang. Skor keunggulan 3-1 untuk Chelsea bertahan hingga babak pertama berakhir.

Kedua tim memainkan tempo yang agak lambat di awal babak kedua ini. Burnley pun mendapatkan peluang untuk memperpendek jarak, namun Kiper Chelsea ini melakukan penyelematan gemilang dengan menepis bola hasil sepakan keras Arfield, yang memanfaatkan sapuan sundulan kepala Cahill.

Chelsea kembali menguasai jalannya laga 10 menit babak kedua. Kali ini Eden Hazard mencoba mengancam gawang Burnley, Hazard menggiring bola di depan kotak penalti, namun sayang, dia dijatuhkan David Jones dalam jarak sekira 22 meter dari gawang.

Hingga memasuki menit 72, Chelsea tampak sudah puas dengan keunggulan 3-1 sejauh ini. Terry dan Cahill mengamankan lini pertahanan dengan solid. Burnley pun masih belum bisa meningkatkan tempo permainan agar mengimbangi Chelsea.

Di masa injury time tidak ada ancaman cukup berbahaya dari kedua tim. Pertandingan Babak kedua Berakhir. Chelsea berhasil membawa pulang tiga poin.

Susunan Pemain:

Burnley: Heaton, Trippier, Shackell, Duff, Mee, Arfield, Jones, Marney, Taylor (Michael Kightly 70’), Ings (Marvin Sordell 82’), Jutkiewicz (Ashley Barnes 70’)

Chelsea: Courtois, Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta, Fabregas, Matic, Schurrle (Willian 78’), Oscar (John Obi Mikel 82’), Hazard (Didier Drogba 84’), Diego Costa.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini