Share

Begini Tips Memperbaiki Gagang Pintu yang Longgar

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Selasa 19 Agustus 2014 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 19 472 1026795 CR8QljJq5A.jpg Begini Tips Memperbaiki Gagang Pintu yang Longgar (Foto :Interiorholic)
A A A

JAKARTA - Membuka dan menutup pintu merupakan kegiatan yang sudah tentu sering dilakukan oleh semua orang. Tidak mengherankan bila lama kelamaan kunci pintu pun mengalami kerusakan. Namun, bukan berarti kegiatan membuka dan menutup pintu menjadi faktor utama penyebab kerusakan pintu.

Selain itu, ada du hal yang perlu diketahui mengenai level kerusakan gagang pintu yang ringan dan berat. Gagang pintu dikatakan rusak ringan adalah ketika gagang pintu tidak bekerja sebagaimana mestinya, atau putarannya terasa keras dan tidak tersangkut. Sedangkan gagang pintu dikatakan rusak berat ketika kunci patah atau struktur mekanis di dalam rumah kunci tersebut rusak.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mengetahui jenis dan level kerusakan kunci pintu dilakukan melalui pengamatan kunci pintu itu sendiri. Bila gagang pintu tidak bekerja, berarti ada kerusakan pada sistem pengungkit kunci. Hal ini bisa terjadi karena ada bagian dalam gagang pintu yang aus atau besi penghubung kedua gagang pintu yang patah. Berikut cara untuk memperbaiki kerusakan gagang pintu atau rumah kunci pintu yang dikutip dari Home Repairing, Solusi Mudah Atasi Kerusakan Rumah karangan Griya Kreasi, Selasa (19/8/2014).

Alat dan bahan yang harus dipersiapkan antara lain adalah pelat logam cukup obeng. Caranya, lepaskan gagang pintu atau rumah kunci dari daun pintu. Amati kerusakannya, bila terlihat rusak (dol, aus atau longgar), tancapkan besi penghubung gagang pintu ke lubang kunci.

Setelah itu, selipkan pelat logam di celah-celah antara besi penghubung dengan sisi dalam lubang kunci di gagang pintu. Pastikan pelat logam terjepit rapat di celah-celah dan besi penguhubng tidak bergoyang lagi. Terakhir, pasang kembali gagang pintu dan gerak-gerakkan. Bila bekerja sebagaimana mestinya, berarti gagang pintu sudah tidak rusak lagi.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini