Share

Delapan Hal Pantang Dilakukan Karyawan Baru (1)

Restika Ayu Prasasty, Okezone · Rabu 20 Agustus 2014 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 20 198 1027180 xofSR4ZcUp.jpg Jangan dulu mengeluhkan bos Anda (Foto: bronzemagonline)
A A A

KETIKA menjadi karyawan baru, Anda tunduk pada seluruh rangkaian peraturan yang berbeda dari kantor sebelumnya. Rekan kerja belum mengenal Anda dengan baik sehingga perilaku kecil dapat menjadi hal yang besar.

Tindakan yang mungkin tidak Anda disadari selama enam bulan dapat menjadi penilaian tentang etos, keandalan, dan kinerja kerja. Berikut adalah beberapa hal yang pantang Anda lakukan ketika menjadi karyawan baru—tetapi mungkin untuk dilakukan nanti—seperti dilansir USNews.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Meminta waktu liburan pada beberapa bulan pertama kerja

Dalam kebanyakan kasus, mengambil cuti ketika baru memulai suatu pekerjaan akan membuat bos dan rekan kerja mengangkat alis. Manajer Anda mungkin berpikir, "Dia baru saja mulai, dia masih dilatih, dan dia sudah ingin cuti?". Pengecualian untuk hal ini adalah jika anggota keluarga terdekat sakit parah atau jika Anda memberitahukan masalah ini sebelum menerima pekerjaan.

Mengeluh kepada rekan kerja tentang bos baru

Terus terang, jangan pernah mengeluh kepada rekan kerja tentang atasan Anda tidak peduli berapa lama Anda sudah bekerja. Jika Anda masih baru, tutup mata, telinga, dan bibir Anda. Bahkan, rekan kerja yang bukan penggemar terbesar manajer Anda  kemungkinan akan merasa kesal dengan keluhan Anda. Mengeluh begitu awal adalah sinyal bahwa Anda tidak bisa diandalkan.

Menjelek-jelekkan pekerjaan atau atasan lama

Setelah mengenal Anda lebih baik, rekan kerja baru mungkin ingin mendengar cerita tentang mantan bos yang gila atau mimpi buruk di pekerjaan lama Anda. Tetapi, jika Anda berbagi hal-hal tersebut ketika masih baru, Anda hanya akan dipandang sebagai seseorang yang menjelekkan rekan kerja. Orang lebih cenderung berpikir, "Wow, dia pasti akan membicarakan kita satu hari nanti." Tunggu sampai Anda mengenal satu sama lain sebelum Anda mengeluarkan cerita-cerita "seram".

Makan siang lama sebelum tahu kebiasaan tersebut di tempat kerja baru

Ini terjadi pada seseorang yang sebelumnya bekerja di kantor dengan jam makan siang satu jam dan pindah ke kantor di mana orang-orangnya hanya makan siang selama setengah jam atau makan di meja kerja. Ketika Anda memulai pekerjaan baru, penting untuk mengamati budaya makan siang selama beberapa hari sampai Anda memiliki sadar akan norma-norma kantor baru. Anda juga bisa menanyai rekan kerja, "Apa yang biasanya dilakukan orang-orang lakukan ketika makan siang?". (bersambung)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini