Share

Belum Punya Ijazah Bisa Daftar Seleksi CPNS Enggak?

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Rabu 20 Agustus 2014 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 20 373 1027266 JO0oVec86z.jpg Tanpa ijazah, masyarakat tidak bisa mendaftar seleksi CPNS. Ilustrasi: suasana diskusi CPNS 2014. (Foto: Rifa Nadia/Okezone)
A A A

JAKARTA - Salah satu syarat pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) adalah ijazah pendidikan terakhir. Tapi bagaimana jika ijazah baru akan dikeluarkan kampus setelah masa pendaftaran berakhir?

Inilah pertanyaan dari mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Abdurrahman Ranala kepada Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar dan Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Eko Sutrisno. Mewakili teman-temannya, mahasiswa semester akhir di jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik itu menyampaikan kegundahan tentang syarat ijazah dalam pendaftaran seleksi CPNS 2014.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Pendaftaran CPNS dimulai Agustus hingga September, sementara kami baru akan menerima ijazah Oktober. Bagaimana kami bisa mendaftar seleksi CPNS sedangkan panitia tidak menerima surat keterangan lulus dari kampus?" ujar Abdurrahman dalam acara Round Table Discussion Seleksi CPNS Berprestasi; Bersih, Profesional Tanpa Korupsi di Gedung Sindo, Jakarta Pusat, Rabu (20/8/2014).

Baca: Daftar CPNS 2014 Mulai Hari Ini!

Selain ijazah, Abdurrahman juga mempertanyakan syarat akreditasi jurusan dan kampus yang dipasang Panselnas. Dalam seleksi CPNS, hanya lulusan perguruan tinggi yang terakreditasi A yang bisa mendaftar. 

"Bagaimana dengan yang akreditasinya masih di bawah itu? Padahal, bisa jadi mahasiswanya memiliki kualitas lebih baik dari lulusan kampus terakreditasi A," tuturnya.

Baca: Hanya 3% Angkatan Kerja Jadi PNS

Menurut Kepala BKN Eko Sutrisno, biasanya instansi pemerintahan tidak mau terlalu repot karena pendaftar seleksi CPNS membeludak. "Makanya, mereka menetapkan syarat macam-macam seperti itu," ujar Eko.

Sementara itu, Menteri PAN-RB Azwar Abubakar mengaku, tidak bisa langsung mengubah persyaratan. "Akan kami lihat dan kaji dulu," tegasnya.

Baca: CAT Bikin Tes CPNS Lebih Bermartabat

Mengenai persyaratan akreditasi, Azwar menjamin, persyaratan tersebut sudah melalui pertimbangan matang-matang. Selain itu, penerapannya pun bertahap agar mampu dipenuhi semua instansi terkait seperti perguruan tinggi sebagai pencetak sarjana.

"Misalnya, ada instansi memasang syarat TOEFL minimal 600. Itu bagus juga, tapi kan enggak semua orang mampu mencapai nilai itu. Akhirnya kami minta turunkan menjad 550. Sebenarnya ini terapi kejut juga, supaya mahasiswa rajin belajar dan perguruan tinggi memperhatikan mutu pendidikan, bukan hanya memperbanyak mahasiswa," imbuhnya.

Pendaftaran online seleksi CPNS dibuka pada 20 Agustus-3 September di laman Panselnas dan BKN. Pada seleksi CPNS 2014, pemerintah membuka sekira 60 ribu formasi di instansi pusat dan daerah.

Baca: Seleksi CPNS 2014 Sediakan 60 Ribu Formasi

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini