Share

Minat CPNS Sih, Tapi Susah Cari Formasi

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Rabu 20 Agustus 2014 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 20 373 1027269 wVFFHdqXxb.jpg Pada seleksi CPNS 2014, pemerintah membuka 60 ribu formasi. Namun, jumlah tersebut tetap dirasa tidak mengakomodasi semua jurusan. (Foto: dok. Setkab)
A A A

JAKARTA - Pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014, instansi pusat dan daerah membuka sedikitnya 60 ribu formasi. Meski termasuk besar, jumlah tersebut tetap dirasa tidak mengakomodasi semua jurusan.

Bagi Chandra dan Fariz, kesempatan mereka mendaftar dalam seleksi CPNS 2014 cukup kecil. Tidak hanya karena mereka belum memiliki ijazah, tetapi juga karena jurusan kuliah mereka termasuk unik dan tidak ada dalam daftar formasi CPNS yang dibutuhkan pemerintah.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca: Seleksi CPNS 2014 Sediakan 60 Ribu Formasi

Dua sekawan ini merupakan mahasiswa semester akhir di jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (UNJ). "Tidak ada lowongan untuk lulusan dari jurusan kami," kata Fariz ketika berbincang dengan Okezone usai acara Round Table Discussion Seleksi CPNS Berprestasi; Bersih, Profesional Tanpa Korupsi di Gedung Sindo, Jakarta Pusat, Rabu (20/8/2014).

Fariz mengaku, sangat berminat mendaftar seleksi CPNS. Tetapi, dia dan kawan-kawannya terganjal syarat ijazah dan ketiadaan formasi tadi.

"Selain itu, kami bingung karena akreditasi jurusan masih C," imbuhnya.

Chandra juga memiliki minat yang sama. Apalagi, sistem seleksi tahun ini lebih mudah. "Karena terkomputerisasi, jadi gampang daftarnya. Enggak ribet kaya tahun-tahun sebelumnya," ujar Chandra.

Baca: Daftar CPNS 2014 Mulai Hari Ini!

Chandra dan Fariz pun sepakat, mereka akan menunggu hingga seleksi CPNS berikutnya dibuka. Harapan mereka sedikit timbul karena tahun ini pemerintah menyediakan kuota lima persen formasi untuk sarjana dari semua jurusan.

"Sambil nunggu, paling kami nyari kerja dulu," tutur Chandra.

Baca: Hanya 3% Angkatan Kerja Jadi PNS

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini