Share

Soal CAT CPNS Dibuat Konsorsium 10 PTN

Rabu 20 Agustus 2014 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 20 373 1027330 MR2sDtndM3.jpg Tes CPNS dengan sistem CAT (Foto: Setkab)
A A A

JAKARTA - Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS), aparatur sipil Negara (ASN) masih menjadi primadona bagi pencari kerja. Selama ini rekrutmen CPNS oleh pemerintah dipandang belum mampu menghasilkan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Publik menilai rekrutmen CPNS masih cenderung diwarnai praktik KKN yang mengakibatkan rendahnya kualitas CPNS. Karena itu, pemerintah terus melakukan berbagai langkah strategis untuk memperbaiki sistem seleksi CPNS agar benar-benar transparan, objektif, adil, terhindar dari kkn, bebas biaya, dan mudah diikuti.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Targetnya adalah profesionalisme ASN dalam pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan, pelayanan publik. Tahun ini, seluruh instansi pemerintaha yang melakukan seleksi ASN wajib menerapakan system computer assisted test (CAT) dalam tes kompentensi dasar (TKD)

CAT 2014

Computer Assited Test (CAT), suatu metode ujian dengan alat bantu komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi dalams seleksi aparatur sipil Negara (ASN).

Tujuan:

-Mempercepat porses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.

-Menciptakan standardisasi hasil ujian secara nasional.

-Menetapkan standar nilai.

-Meningkatkan transparansi, objektivitas, akuntabilitas, dan efesiensi.

-Soal dibuat oleh konsorsium 10 perguruan tinggi negeri (PTN).

-Kelulusan menggunakan ambang batas.

-Mulai 2013, sudah ada 72 instansi yang menggunakan sistem CAT.

-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah   mengadakan simulasi computer assisted test (CAT) 2014 mulai Mei hingga juni 2014.

-Tahun ini Kementerian PAN-RB bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

-BKN menyediakan fasilitas CAT di 12 BKN Kantor Kompetensi Guru (UKG) sebanyak 2.232 laboratorium di sekolah-sekolah. Perguruan Tinggi Negeri juga berpartisipasi dalam penyelenggaran TKD dengan menyediakan 97 laboratorium.

-TKD tahun ini juga diberikan passing grade seperti 2013. Peserta yang lolos TKD akan tes Kompetensi bidang (TKB) yang direncanakan berupa tes tertulis atau psikologi lanjutan, praktik atau perfomence test, secara wawancara oleh instansi.

Karekteristik:

-Aplikasi dijalankan pada computer dengan platform windows atau open source berbasis web.

-Aplikasi menggunakan narasi untuk menjelaskan bahasan yang disajikan pada monitor computer.

-Aplikasi disertai video gerakan mouse agar mudah digunakan.

-Tutorial disertai dengan teks berisi perintah pada layar monitor computer agar peserta tes dapat langsung memahami dan tidak sulit dalam mempraktikannya.

Konsekuensi:

-Fasilitas computer dan jaringan LAN yang memadai.

-Sumber listrik yang bebas pemadaman.

-Tenaga ahli computer dan jaringan yang menguasai sistem CAT.

-Kuota peserta tes yang terbatas karena tidak bisa melakukan secara missal dalam waktu serentak sebab keterbatasan sistem teknologi informasi (TI).

(Litbang Koran Sindo)

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini