Share

Persaingan Jadi CPNS Makin Meningkat

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Rabu 20 Agustus 2014 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 20 373 1027500 zeYWoFNdnM.jpg Suasana tes CPNS (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Wakil Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, kompetisi menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tinggi.

"Tahun lalu satu juta pendaftar. Tahun ini dari 100 ribu mungkin diperkirakan akan ada dua juta pendaftar," ujar Bima di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/8/2014).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bima melanjutkan, sistem Computer Assisted Tes (CAT) online ini merupakan tes yang terdiri dari tes kompetensi bidang (TKB), tes karakteristik pribadi, tes intelegensia umum dan tes wawasan kebangsaan yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, sejarah Indonesia.

"Mungkin ini sama dengan pelajaran SMA, tapi perlu diulang. Untuk tes karakteristik pribadi mengenai kemampuan beradaptasi, orientasinya terhadap pelayanan. Ini lebih pada karakter pribadi, jadi jawab saja dengan jujur," ucapnya.

Lebih lanjut, tes CPNS memakan waktu 90 menit dengan 100 soal. Termasuk tes tahap pertama sebanyak 35 soal, tahap kedua 30 soal dan tahap ketiga 35 soal.

"Untuk presentase, total TKB minimum benar 60 persen dari total soal. Satu soal nilainya 5. Kemudian untuk intelegensia umum sebesar 50 persen, nilai tertinggi 500," ungkapnya.

TKB sendiri dilaksanakan di kementerian terkait, seperti psikotes, wawancara dan esai. Kementerian LN paling intensif tesnya, yaitu seperti bahasa, wawancara, dan peminatan.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini