Share

Banten Gelar Festival Debus, Alasan Rano Karno?

Winda Destiana, Okezone · Rabu 20 Agustus 2014 07:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 20 407 1027028 WTnkwYpBb9.jpg Festival Debus 201 (Foto:Parekraf)
A A A

BANYAK potensi alam yang ada di Banten. Namun, mengapa debus menjadi sebuah festival?

Dikatakan oleh Plt. Gubernur Banten, Rano Karno, Banten memiliki banyak potensi wisata, baik dari sejarah maupun alamnya. Namun, ada alasan tersendiri dirinya memilih debus.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Alasan memilih debus karena seni pertunjukan ini telah menjadi warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia," katanya saat jumpa pers Festival Debus Banten 2014 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa, 19 Agustus 2014.

Dia mengatakan, debus tidak dimiliki oleh wilayah lain di luar Banten. Hanya Banten lah yang memiliki seni pertunjukan unik ini.

"Karena hanya Banten yang punya kesenian ini, kami ingin mengangkatnya ke mata dunia melalui festival. Agar wisatawan asing atau lokal tertarik datang ke Banten untuk melihat debus ini," tambahnya.

Debus merupakan kesenian Banten yang memperlihatkan kemampuan manusia yang luar biasa. Debus mulai dikenal masyarakat sebagai salah satu cara penyebaran agama Islam di Banten.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini