Share

Tommy Soetomo Rancang Konsep Bandara Kelas Dunia

Arpan Rachman (Okezone), Okezone · Rabu 20 Agustus 2014 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 20 407 1027241 5to0gH1WYY.jpg Tommy Soetomo rancang bandara kelas dunia (Foto:Arpan/Okezone)
A A A

JAJARAN PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) dipimpin Tommy Soetomo menggelar penghijauan dan pembuatan biopori di kawasan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, baru-baru ini. Gerakan ini merayakan hari lingkungan hidup sedunia sekaligus mencanangkan konsep eco-airport di bandara yang dikelola AP I.  

Berikut wawancara Okezone dengan Tommy Soetomo. Presiden Direktur AP I itu baru saja menanam bibit pohon mahoni dan membuat lubang biopori.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Okezone:

Bagaimana dengan rencana perluasan Bandara Sultan Hasanuddin?

 

Tommy Soetomo:

Bandara Hasanuddin ini didesain mungkin delapan tahun lalu itu hanya untuk 7,5 juta penumpang. Sekarang penumpangnya sudah 10 juta.

 

Yang kedua, dari zaman dulu yang namanya Makassar itu kota hebat, kota perdagangan. Orang ke Indonesia timur lewat Makassar. Jadi, sebagai hub bagi Indonesia timur kita ingin memperbesar bandara ini. Target kita mau mendesain sampai menampung 50 juta penumpang. Tapi tahap pertama nanti mungkin untuk 25 juta penumpang dulu. Kita ingin desain yang tahan sampai 30 tahun ke depan.

 

Sekarang, kapasitas 7,5 juta penumpang. Realitasnya sudah 10 juta penumpang. Jadi pada jam-jam sibuk, Anda terpaksa mengantre ke toilet, bagasi, dan sebagainya.

 

Okezone:

Rencana menambah kapasitas 25 juta penumpang itu kapan dimulai?

 

Tommy Soetomo:

Itu pasti harus selesai studinya dulu. Jadi, studinya diharapkan dalam beberapa bulan ke depan selesai. Saya harus presentasi ke Gubernur Sulawesi Selatan, kemudian akan ada penetapan lokasi, pembebasan tanah. Mudah-mudahan tahun depan sudah kita mulai bangun. Tahap pertama memperluas bangunan terminal dulu.

 

Okezone:

Dari 13 bandara di AP I, Bandara Hasanuddin berada di urutan ke berapa dari segi kualitas?

 

Tommy Soetomo:

Masih kalah dibanding misalnya Surabaya. Kalau Surabaya itu sudah terbaik se-Asia Tenggara untuk bandara dengan penumpang di bawah 20 juta. Jadi, untuk kelas penumpang yang di bawah 20 juta, Bandara Juanda terbaik se-Asia Tenggara.

 

Okezone:

Apa masalahnya di Bandara Makassar?

 

Tommy Soetomo:

Sebab Bandara Hasanuddin desainnya lama. Masih ada masalah. Kalau orang bersepakat, “Yuk kita jadikan city”, maka kawasan ini akan hebat.

 

Contoh lain, saya membangun terminal internasional dan domestik di Bandara Ngurah Rai Bali dan membangun jalan tol. Kita orang airport, tapi kita punya saham di jalan tol yang di atas laut di Bali, di situ 10 persen kita punya saham. Dengan dua proyek ini total dananya sekira Rp6 triliun. Itu menggerakkan roda ekonomi luar biasa. Di sana, Kabupaten Badung itu pertumbuhan ekonominya tertinggi di Indonesia.

 

Kita ingin dampak pembangunan itu kalau orang digusur sedikit, maka mengalah saja deh. Tapi imbasnya terhadap kabupaten itu jadi dahsyat. Orang-orang tenaga kerja bisa terserap, mulai dari yang kasih makan tukang saja, warung misalnya, itu luar biasa. Waduh, laris-manis. Kos-kosan naik jadi Rp500 ribu di Bali. Ya, maksudnya dampak pembangunan akibat perluasan bandara dan jalan tol itu luar biasa.

 

Kita lihat beberapa waktu lalu Menteri Koordinator Perekonomian dan beberapa menteri lain mencanangkan proyek underpass Bandara Hasanuddin itu merupakan cita-cita untuk 50-100 tahun ke depan. Jadi, semua orang harus berkorban.

 

Okezone:

Sekarang area di radius Bandara Hasanuddin dalam masterplan kota juga ada banyak pemukiman. Bagaimana kalau bandara mau diperluas?

 

Tommy Soetomo:

Maka, harus ada desain. Jangan membangun tanpa desain, tanpa konsep, itu yang tidak boleh. Sehingga sekarang contohnya Bandara Soekarno-Hatta. Dulu, satu-satunya jalan tol itu utuh hanya untuk bandara. Tiba-tiba sekarang sudah tidak lagi.

 

Okezone:

Harapan Bapak terhadap proyek underpass di Bandara Hasanuddin?

 

Tommy Soetomo:

Mudah-mudahan itu salah satu debottle-necking. Istilahnya, salah satu faktor yang memerlancar jalan ke bandara. Tapi jalan akses bandaranya kan kecil juga? Dulu besar, sekarang kecil. Itu mungkin perencanaannya kurang, sehingga kiri-kanannya sudah tidak bisa diperlebar.

 

Okezone:

Di AP I sudah ada empat bandara yang melaksanakan silent-airport. Ke depan, rencananya berapa dari 13 bandara?

 

Tommy Soetomo:

Kalau bisa semua, kecuali yang di Biak itu karena penumpangnya masih sedikit, jadi tidak usah silent-airport.

 

Okezone:

Kalau secara nasional, AP I menggandeng lembaga apa untuk melakukan assesment terhadap konsep berstandar eco-airport?

 

Tommy Soetomo:

Kita misalnya untuk building (bangunan) bekerja sama dengan Green Building Indonesia. Jadi, ada standarnya. Misalnya, emisi. Kita akan memberikan insentif maupun disinsentif kepada airlines. Misalnya, kalau airlines memakai pesawat (Boeing) 737-200 akan didenda. Karena suaranya bising sekali dan boros bahan bakar. Sekarang tidak ada airlines yang pakai itu.

 

Okezone:

Kenapa pembuatan lubang biopori dipandang penting di bandara?

 

Tommy Soetomo:

Pertama, bandara itu kan salah satu penyumbang panas. Yang di runway itu kan lapangan terbuka tidak boleh ada satu pohon pun. Maka di sekitarnya harus hijau dan harus kuat penyerapan airnya. Sebab, banyak kualitas air di bandara itu tidak bagus, misalnya di Balikpapan karena dekat pantai. Jadi, biopori itu supaya serapannya bagus kan?

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini