Share

Melbourne Sabet Predikat Kota Paling Layak Huni

Fakhri Rezy , Okezone · Rabu 20 Agustus 2014 19:55 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 20 471 1027378 MqnEwvkIdj.jpg Melbourne sabet predikat kota paling layak huni. (Foto: Victorian Government Business Office Southeast Asia)
A A A

JAKARTA - Melbourne kembali meraih gelar kota paling layak huni di dunia berdasarkan Global Liveability Index yang diterbitkan oleh The Economist Intelligence Unit’s (EIU). Gelar ini diraih selama empat tahun berturut-turut.

Premier Negara Bagian Victoria Dr. Denis Napthine menyatakan bahwa Melbourne sebagai Ibukota Negara Bagian Victoria menawarkan gaya hidup modern, didukung dengan perekonomian yang resilien, infrastruktur berstandar dunia, sistem pendidikan dan kesehatan yang unggul, serta kebijakan yang progresif dalam mendukung pertumbuhan bisnis.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Sesuai rencana Melbourne untuk mengambil gelar Sydney sebagai kota terbesar di Australia pada tahun 2030, Pemerintah Victoria saat ini banyak berinvestasi di sektor infrastruktur, mulai dari fasilitas transportasi seperti jalan raya dan jalur kereta api hingga rumah sakit dan sekolah," kata Napthine, dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Rabu (20/8/2014).

Hal ini, lanjut dia, dilakukan untuk terus memastikan agar Melbourne tetap menjadi kota paling layak huni, bekerja, dan berbisnis.

“Selain itu, bersama dengan pengusaha asal Australia dan pengusaha internasional, kami berupaya untuk terus memunculkan investasi baru yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan guna mewujudkan Victoria yang lebih sejahtera,” tambah Napthine.

Liveability Ranking (Pemeringkatan Kelayakan Huni) EIU dilakukan terhadap kondisi hidup di 140 kota di seluruh dunia dengan memperhatikan lima kriteria, yakni: Stabilitas, Kesehatan, Budaya dan Lingkungan, Pendidikan, dan Infrastruktur.

Melbourne mendapat nilai sangat baik di seluruh kriteria yang ada dan mendapatkan nilai sempurna pada kriteria Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur. Investasi berkelanjutan Melbourne di sektor infrastruktur menjadi kunci sukses Melbourne dalam meraih peringkat pertama.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini