Share

Jalan Tol Belum Selesai, Harga Tanah Sudah Naik Duluan

Vahria Azhari Zeta , Okezone · Kamis 21 Agustus 2014 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 20 471 1027403 0lvOp8vqBx.jpg Jalan tol belum selesai, harga tanah sudah naik duluan. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri, sektor infrastruktur memang memiliki pengaruh terhadap kenaikan harga tanah di Jakarta. Salah satunya, pembangunan jalan tol.

Pengamat properti David Cornelis membenarkan bahwa pembangunan infrastruktur memiliki korelasi langsung terhadap kenaikan harga tanah dan properti di sekitarnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Dalam beberapa hal tertentu misal, jalan tol, harga tanah sudah naik terlebih dahulu karena lamanya dan tarik ulur mengenai pembebasan lahan," ucapnya kepada Okezone, Kamis (21/8/2014).

Dia menambahkan, yang paling jelas terlihat secara eksplisit dari kenaikan harga jual properti itu sendiri. Menurutnya, pembangunan infrastruktur tersebut positif terhadap faktor ekonomi dan faktor sosial, karena ada nilai tambah yang tercipta setelah selesai dibangun.

"Adapun hubungan positif yang lebih kuat lagi bukan terhadap faktor ekonomi semata, melainkan terhadap faktor sosial,"  jelasnya.

Menurutnya, adanya proyek infrastruktur jelas akan menggerakkan ekonomi, seperti naiknya mobilitas arus barang dan jasa, perputaran uang, sampai dengan terciptanya lapangan kerja baru.

"Hal ini adalah 'Big Push Theory' yang disuarakan oleh masing-masing kandidat Presiden sewaktu kampanye lalu," tandasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini