Share

Cashback Lebih Disukai Konsumen

Bramantyo, Okezone · Rabu 20 Agustus 2014 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 20 52 1027328 BtXIr6o1rV.jpg F: Ilustrasi (Okezone)

SOLO - Trend dalam masyarakat untuk membeli dengan sistem kredit atau angsuran menjadi daya tarik bagi perusahaaan otomotif untuk menarik minat konsumen dengan menggelar beragam promo.

Sejumlah dealer yang bekerja sama dengan leasing menawarkan berbagai program promo di tawarkan dengan beragam cara. Mulai dari pengurangan uang muka (DP), door prize juga pembebasan (free) angsuran dengan jangka waktu tertentu. Sampai dengan bunga nol persen selama setahun.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun menurut sales manager Honda Solo Baru, Andy Arif nampaknya konsumen lebih tertarik daan memilih program pengurangan uang muka (DP) dari pada mendapatkan bebas angsuran dalam bulan pertama.

Sebab dengan berkurangnya DP pastinya akan meringankan konsumen dalam memberi uang muka untuk pembelian mobil.

"Jika DP ringan, maka sisa uangnya bisa digunakan untuk belanja kebutuhan lain," jelasnya kepada wartwan di Solo Jawa Tengah, Rabu (20/8/2014).

 

Arif juga menyampaikan khusus dealer Honda, konsumen yang memanfaatkan pembelian dengan program potongan DP hingga mencapai 20 persen. Maka  pihak dealer atau leasing memberi potongan DP atau cashback mulai Rp 10 juta hingga Rp20 juta, tergantung dari tipenya.

Arif juga mengungkapkan pemberian cashback atau potongan DP tidak menyalahi aturan otoritas jasa keuangan (OJK) atau Bank Indonesia (BI) yang mensyaratkan uang muka sebesar 30 persen untuk setiap pembelian mobil atau rumah baru.

"Sebenarnya kebijakan uang muka yang diberlakukan diler atau leasing tetap 30 persen. Hanya saja, dealer atau leasing memberi potongan yang diambilkan dari pos lain," jelasnya.

Terpisah Branch Manager Tata Motor Solo, Sugiarto menyatakan jika hampir semua pembeli di dealer Tata, lebih memilih keringanan DP ketimbang free angsuran.

"Jika memilih free angsuran, konsumen tidak akan mendapatkan cashback atau potongan uang muka," ungkapnya.

Apabila konsumen memilih bunga nol persen, pihak konsumen juga merasa sangat keberatan dengan tingginya uang muka dan besaran angsuran.

"Untuk Tata, cashback diberikan mulai Rp 10 juta hingga Rp 30 juta," terangnya.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini