Share

Kompetisi Sains, Siswa Madrasah Perebutkan Hadiah Ratusan Juta

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Kamis 21 Agustus 2014 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 20 560 1027485 BAV2nJpAW7.jpg Kompetisi Sains Madrasah menjadi ajang pembuktian kehandapal pelajar madrasah dalam bidang sains. (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Siapa bilang siswa madrasah cuma jago soal ilmu agama? Mereka akan membuktikan, anak-anak madrasah juga menguasai sains.

Pekan depan, tepatnya pada 25-29 Agustus 2014, ratusan pelajar madrasah ibtidaiyah hingga aliyah (setara SD hingga SMA) akan berkumpul di Makassar. Mereka akan bersaing dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2014 yang diinisiasi Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidkan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Agama, Kamis (21/8/2014), KSM merupakan ajang pengembangan minat dan bakat siswa dalam sains. Melalui kompetisi, siswa madrasah akan berlatih meningkatkan daya nalar, kreativitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu menguatkan budaya belajar, meneliti dan berkompetisi di antara para pelajar madrasah.

Pada tahun ketiga penyelenggaraannya, KSM mengusung tema “Membangun Peradaban Bangsa melalui Kekuatan Iman, Ilmu dan Amal Secara Seimbang serta Kemampuan Kompetitif, Hidup Kreatif, Berjiwa Inovatif dan berkelanjutan”. Tahun ini, 363 pelajar madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTs) dan madrasah aliyah (MA) akan ambil bagian dalam KSM 2014.

Mereka akan berlomba dalam bidang matematika, biologi, fisika kimia, ekonomi dan geografi. Kategori lomba disesuaikan dengan tingkatan pendidikan.

Ada juga peserta yang berpartisipasi dalam Lomba Karya Tulis Siswa Berbasis Riset. Lomba ini merupakan kelanjutan Program Madrasah Riset Nasional tahun 2013.

Peserta KSM akan memperbutkan 198 Medali. Ratusan medali itu dibagikan dalam 11 mata lomba; dengan perincian tiga medali emas, enam medali perak, dan sembilan medali perunggu per mata lomba.

Asyiknya lagi, selain medali, para juara akan membawa pulang uang pembinaan; Rp15juta untuk peraih medali emas; Rp10 juta untuk peraih medali perak dan Rp8 juta untuk peraih medali perunggu.

Hadiah uang juga akan menjadi hak para pemenang Lomba Karya Tulis Siswa Berbasis Riset. Juara pertama akan berhak atas hadiah uang senilai Rp15 juta; juara kedua Rp12,5 juta; juara ketiga Rp10 juta. Kemudian, juara harapan I akan meraih Rp8 juta; juara harapan II Rp6 juta dan juara harapan III Rp4 juta.

Selain gelar juara satu hingga tiga, ada juga Penghargaan Tambahan yang siap diperebutkan. Penghargaan The Best Over All akan diberikan kepada siswa dengan nilai tertinggi untuk dua uji kompetisi (teori dan eksperimen/eksplorasi). Penghargaan The Best Theory akan disandang siswa dengan nilai teori tertinggi. Sedangkan penghargaan The Best Experiment akan diboyong peserta dengan nilai eksperimen/eksplorasi tertinggi.

Para pemenang penghargaan khusus ini juga akan mendapat dana pembinaan masing-masing Rp17 juta. Selain itu, peserta lain yang tidak mendapatkan medali atau penghargaan akan mendapat sertifikat dan dana pembinaan Rp500 ribu.

Selain berlomba, KSM 2014 juga akan diisi dengan kegiatan Expo Madrasah, Panggung Apresiasi Seni, Seminar Pendidikan Islam dan Training ESQ bagi siswa-siswi Madrasah.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini