Share

Pemain yang Layak Dihargai Rp3,1 Triliun

Fajar Anugrah, Okezone · Kamis 21 Agustus 2014 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 21 262 1027761 EwSOuXNrjk.jpg Messi dan Suarez. (Foto: Reuters/Gustao Nacarino)
A A A

JAKARTA - Harga atau nilai jual atlet sepakbola adalah salah satu indikator pembuktian kemampuan pemain tersebut. Selain tentunya jumlah trofi yang pernah dimenangkan.

Klub pun tidak ragu mengeluarkan uang besar untuk membeli dan menggaji pemain karena hal itu dianggap sebagai bagian investasi. Bayangkan berapa banyak tiket pertandingan, barang dagangan yang terjual, hak siar televisi sampai sponsor yang bisa diraup oleh klub jika ada pemain bintang yang membela tim tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tentu klub yang berani belanja pemain dengan harga mahal adalah klub yang kaya, yang uangnya banyak dan bisa meyakinkan bank untuk meminjamkan likuiditasnya.

Jika ada manusia 6 juta Dollar, maka ada juga pemain Rp3 triliun. Siapa saja pemain sepakbola profesional yang pantas dihargai mahal? Berikut daftarnya seperti mengutip dari FTB Pro, Kamis (21/8/2014):

1. Lionel Messi (Sedikitnya bernilai 161,5 juta Pounds/Rp3,1 Triliun)

Lionel Messi memang superior. Meski musim 2013-2014 menjadi bagian terjelek perjalanan kariernya, Messi tetap luar biasa. Bintang kelahiran 24 Juni 1987 itu hanya bisa mencetak 28 gol di La Liga di musim lalu, paling sedikit semenjak 2009 lalu. Cedera dan labilnya penampilan Barcelona menjadi sandungan Messi musim lalu.

Tapi dengan kemampuannya menyihir penonton dan menentukan hasil akhir pertandingan, Messi layak dihargai mahal. Cuma satu kekurangannya di lapangan hijau, belum pernah menjuarai Piala Dunia.

2. Cristiano Ronaldo (Sedikitnya bernilai 85,2 juta Pounds/Rp1,6 Triliun)

Cristiano Ronaldo akan berusia 30 tahun pada 5 Februari 2015 nanti. Akhir kariernya sebagai pemain sepakbola profesional semakin dekat. Biasanya pemain sepakbola akan pensiun di usia 34 sampai 37 tahun, jika tidak cedera parah. Tapi bagi beberapa pemain seperti Paolo Maldini, Javier Zanetti atau Ryan Giggs, mereka masih prima di lapangan hingga usia 40 tahun.

Tapi usia tidak mengurangi nilai CR7 sebagai pemain hebat. Jika ada klub yang mau membelinya dari Real Madrid saat ini, maka mesti menyiapkan uang sedikitnya 85,2 juta Pounds atau sekitar Rp1,6 trilun.

Pencapaiannya yang bisa mencetak 50 gol dalam empat musim berturut-turut sejak musim 2010/2011 sampai membantu Los Blancos meraih gelar kesepuluh Liga Champions atau La Decima musim lalu menjadi sedikit bukti sahih kehebatan CR7.

Banyak orang lalu membandingkan CR7 dengan Messi, yang jika boleh jujur bahwa keduanya sama-sama hebat dan berprestasi di lapangan hijau.

3. Luis Suarez (Sedikitnya bernilai 79,4 juta Pounds/Rp1,5 Triliun)

Luis Suarez identik dengan kontroversi. Sudah tiga kali ia terbukti menggigit pemain lain. Tapi meski pernah menggigit orang lain di lapangan, Suarez juga hebat di arena pertandingan.

Salah satunya adalah saat pemain Uruguay kelahiran 24 Januari 1987 itu mencetak 31 gol dan menyumbang 14 assist untuk Liverpool musim lalu. Suarez ikut membantu The Reds sedikit lagi memenangkan gelar Premier League musim 2013-2014.

Setelah Piala Dunia 2914, Suarez pindah ke Barcelona. Azulgrana membutuhkan karakter yang bisa menambah daya gempur, cepat dan kreatif di lini depannya, setelah ditinggalkan Alexis Sanchez.

Kabarnya Barcelona mesti membayar 75 juta Pounds (Rp1,45 Triliun) kepada Liverpool. Namun isu itu dibantah klub Katalan tersebut yang mengaku 'hanya' menggelontorkan sekitar 65 juta Pounds (Rp1,26 Triliun).

Apakah artinya Barcelona meraih untung berlipat dengan harga dan kedatangan Suarez?

4. Eden Hazard (Sedikitnya bernilai 61,2 juta Pounds/Rp1,18 Triliun)

Eden Hazard didatangkan dari klub Ligue1, Lille ke Chelsea pada akhir musim 2011/2012 lalu. Hazard langsung unjuk bukti di musim pertamanya bersama The Blues dengan tampil di Premier League sebanyak 34 laga, serta menyumbang sembilan gol dan 11 assist.  Musim berikutnya ia bermain 35 kali dengan 14 gol dan tujuh assist.

Statistik luar biasa dari pemain Belgia kelahiran 7 Januari 1991 itu. Kemampuannya yang bisa bermain dengan bagus di sektor sayap atau posisi favoritnya, penyerang lubang, membuat Hazard adalah pemain yang fleksibel.

Usianya baru 23 tahun dan nilai jual Hazard masih bisa terus naik. Chelsea telah melakukan investasi yang menjanjikan.

(FAP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini